Tersentuh Keindahan Bangunan Bersejarah Di Banjarmasin

Sungguh merupakan sesuatu yang menarik. Jika kita belajar mengenal bangunan-bangunan bersejarah di suatu daerah. Sayangnya, tidak banyak dari kita yang telaten untuk mengenal daerah-daerah di negeri ini.
Nah tulisan ini, penulis ingin menyajikan Bangunan Bersejarah Di Banjarmasin  agar dikenal. Oke. simaklah berikut ini.


Wisata Dari Warisan Bangunan Masa Lalu
Menyaksikan Pura Agung Jagat Natha
Tentu ini juga sangat menarik. Ketika kalian berkunjung ke Banjarmasin. Ternyata di sana tersaji juga suasana ala Bali, yaitu Pura Agung Jagat Natha. Pura ini beralamat di jalan gatot subroto dan menjadi satu-satunya pura di Banjarmasin. Banyak keindahan yang bisa disaksikan di pura ini.

Berkunjung ke Gereja Katedral Keluarga Kudus
Gereja katolik ini cukup dikenal dengan nama gereja batu. Warga di Banjarmasin menyebutnya demikian karena bentuknya memang didominasi batu. Gereja ini ditahbiskan sebagai gereja tertua di Kalimantan Selatan. Gereja ini dibangun pada 28 Juni 1931 dan berarsitektur neo gotik Eropa. Bangunan ini cukup menarik dijadikan jujugan apabila kalian ke Banjarmasin.

Keindahan Klenteng Soetji Nurani   
Klenteng Soetji Nurani dikenal di Kalimantan Selatan. Klenteng ini merupakans atu dari tiga jenis kelenteng yang didirikan The Sinyoe dan Anglim Thay tepatnya pada masa kolonial. Klenteng ini berada tepat di pusat kota Banjarmasin dan memiliki arsitekstur yang sangat indah. Klenteng ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis patung dengan ukiran yang sangat eksotik.

Bangunan religi bersejarah di kota Banjarmasin

Mengunjungi Makam Surgi Mufti Kiai Haji Jamaluddin
Kelurahan Surgi Mufti jamaluddin ini merupakan salah satu makam yang  dikeramatkan. Sejumlah warga dari berbagai daerah berkunjung untuk berziarah ke makam ini. Dengan karisma yang cukup kuat, KH jamaluddin saat masih hidup cukup dikenal sebagai ulama besar dan diberikan kesempatan untuk memberikan fatwa. Nah, tidaklah mengherankan jika kemudian makam ini masuk benda cagar budaya dan menjadi peninggalan masa lalu yang cukup dikenal hingga saat ini.

Mengenal keelokan taman siring sungai martapura
Tempat wisata yang sangat menarik di martapura adalah taman siring. Lokasi ini sangat menarik dijadikan jujugan masyarat setempat. Menariknya lagi, ternyata letak taman ini  bersebarangan dengan masjid raya sabilal muhtadin. Lokasi ini diakui memang sangat tepat sebagai lokasi nongkrong sekaligus tempat berkumpul.
Jika kalian sedang ke Banjarmasin. Ada baiknya berkunjung ke tempat in sebab selain enak untuk dijadikan selfie juga sangat enak dijadikan tempat berfoto. Tak percaya, banyak kok yang bisa dinikmati di sini. Kunjungi saja.
Merasakan keelokan Masjid Raya Sabilal Muhtadin
Di Kota Banjarmasin, Masjid Raya Sabilal Muhtadin merupakan masjid besar dan mampu menampung ribuan jamaah. Nama masjid ini diambil dari salah satu ulama besar di kota tersebut yaitu Syaik Muhammad Arsyad Al-Banjri.

 
Berkunjung ke Masjid Sultan Suriansyah
Ketika kalian ke Banjarmasin. Ada baiknya berkunjung ke Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini merupakan masjid sisa peninggalan salah satu sultan Suriansyah. Masjid ini pun dinamakan mirip dengan sultan tersebut. Beliau dikenal sebagai raja Banjar yang pertama. dan sangat taat serta mengajarkan islam kepada masyarakat sekitar. Masjid ini terletak pinggir Sungai Kuin dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi bagi masyarakat sebagai Bangunan Bersejarah Di Banjarmasin 
  
Dari artikel ini, setidaknya kita bisa mengetahui tentang bangunan bersejarah di Banjarmasin. Tujuannya biar kalian memahami aspek historis dari bangunan bersejarah tersebut dan bagaimana bangunan tersebut menjadi ikon kota Banjarmasin.