Menikmati 5 Bangungan Bersejarah Di Bangka Belitung

Menikmati bangunan bersejarah di bangka belitung  sungguh sangatlah menarik. Terdapat sejumlah destinasi menggiurkan yang bisa dicoba sebagai bagian melepaskan rasa penat di akhir pekan atau di waktu liburan?
Apa saja Bangungan Bersejarah Di Bangka Belitung yang bisa dilihat sebagai destinasi wisata? Yuk kita simak ulasan berikut ini?


5 bangunan bersejarah di Bangka Belitung yang wajib diketahui
Pertama, Menikmati Rumah Pengasingan Soekarno
Sebuah gunging bernama Menumbing ternyata memberikan bukti sebuah rumah yang dulu ditempati oleh proklamator bangsa Indonesia, yaitu soekarno. Sosok yang berjuang melawan belanda demi kejayaan bangsa Indonesia dan melepaskan diri dari kolonialisasi ini. Para kolonial akhirnya mengasingkan diri soekarno ketempat yang sangat jauh yaitu ke luar dari pulau jawa, tepatnya di kota mentok. Di kota yang terdapat rumah persinggahan bung karno ini hingga saaat ini masih tersedia dan menyimpan aneka jenis barang-barang soekarno.
Tentu ini sangat menarik untuk dilihat sebagai sisa-sisa bangun sejarah masa lalu yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik. Menarik, kan?


 Kedua, Menikmati sensasi Mercusur Tanjung Kalian
Tidak hanya Mercusuar tanjung kalian yang menjadi sisa bangunan peninggalan belanda, tetapi juga merupakan salah satu gedung yang terlihat kekokohannya. Kota mentok ini terbangun dan menjadi sentral kapal yang berlabuh dan menjadi sebuah penanda bagi kapal-kapal yang hendak berlabuh.
Perlu diketahui jika mercusuar tanjung kalian ini dibangun sekitar tahun 1862 dan berdiri kokoh hingga saat ini. Di atas puncak bangunan ini, para pengunjung menyaksikan berbagai keindahan kota dari atas. Sebuah pemandangan yang eksotis yang tidak boleh dilewatkan.



Ketiga, Menikmati Rumah Tua Kuase
Menikmati rumah tuan kuase tentu akan menjadi salah satu saksi bangunan yang berjarak sekitar 250 M dari Ibu kota Belitung, yaitu Tanjung Pendam. Rumah ini pun sudah menjadi salah satu cagar budaya dan dilingungi dengan baik oleh undang-undang dan hingga saat ini masih terawat hingga baik. Nah, pada tahun 1883 bangunan ini menjadi salah satu bangunan yang sempat dibukukan oleh seorang John Francis Loudon.


 Keempat, Menikmati Jam Gede
Jam Gede merupakan salah satu gedung Bharata Department Store yang hingga saat ini menjadi bagian dari replica Jam Gede. Memiliki pandul dari kuningan berangka Romawi, jam gede ini pun sangat menarik dilihat. Kenyataannya lagi, jam gede ini ternyata juga terdapat di beberapa tempat di kota-kota besar di Amsterdam Belanda dan menjadi landmark dari kota Tanjung pandang. Hingga saat ini, masyarakat menyadari jika dulu ada jam besar yang dijadikan landmark kota Tanjung Pandan meskipun hari ini sudah dimakan usia.


Kelima, Merasakan Wisma Samudera
Wisma samudera merupakan bangunan bersejarah dan terletak di toboali. Sebagai sisa bangunan peninggalan kolonial belanda, maka ketika belanda hengkang dari daerah itu.
Bersama para tokoh revolusi kemerdekaan RI, Soekarno berhasil menyuarakan impiannya untuk membakar semangat warga kota toboali dalam rangka berjuang bersama-sama mewujudkan Indonesia yang merdeka.


Belajar dari Sejarah
Itulah Bangungan Bersejarah Di Bangka Belitung yang perlu diketahui sehingga bisa mencerdaskan dan bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengenal keindahan Indonesia di hari kemudian.
Setidaknya dengan sisa bangungan bersejarah di Bangka Belitung tersebut, kita bisa belajar untuk menghargai sejarah. Sejarah merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari masa lalu bangsa kita.