Bangunan Bersejarah Provinsi Bengkulu

Wisata sejarah kota Bengkulu tidak bisa di remehkan, Bengkulu mempunyai beberapa objek wisata sejarah yang unik di mana terdapat bangunan sejarah di Bengkulu peninggalan Inggris. Bengkulu merupakan sebuah provinsi dengan banyak pegunungan dan ladang pertaniannya.  Beberapa bangunan bersejarah di Bengkulu seperti benteng Marlborough, makam Sentot Albasyah, masjid Jamik, Monumen Parr, dan rumah kediaman Bung Karno.


  • Benteng Marlborough
Benteng Marlborough menjadi objek wisata sejarah yang menjadi primadona di provinsi Bengkulu, benteng Marlborough dibangun oleh pemerintah Inggris untuk membendung kekuasaan VOC di Batavia dan menjadi benteng untuk mempertahankan kekuasaan Inggris terhadap Bengkulu yang pada saat itu dijadikan tempat monopoli lada dan sekaligus menjadi pusat perdagangan oleh Inggris. Di dalam benteng terdapat beberapa ruangan yang digunakan untuk kamar serdadu, ruang tahanan, gudang logistik, gudang mesiu, gudang penyimpanan cengkeh dan lada serta tempat untuk kantor. Dalam salah satu ruang tahanannya Bung Karno pernah dipenjara pada masa kolonial Belanda yang membuat benteng ini menjadi salah satu bangunan bersejarah di Bengkulu. Benteng ini mempunyai bangunan yang terkesan kokoh dan menakutkan karena desainnya di adaptasi dari peradaban Eropa. Dengan mengunjungi benteng Marlborough di Bengkulu kita akan mengetahui betapa kolonial jaman dulu begitu senang menyiksa orang peri bumi.


  • makam Sentot Albasyah
Sentot merupakan panglima perang pangeran Diponegoro yang bekerja sama dengan Imam Bonjol dalam menumpas kekuasaan Belanda di tanah Indonesia. Sentot Albasyah dikenal masyarakat Bengkulu karena beliaulah orang yang menyebarkan ajaran islam di tanah Bengkulu. Makam sentot albasyah selain menjadi bangunan bersejarah di Bengkulu juga menjadi bangunan zarah religi di Bengkulu.


  • Masjid Jamik
Masjid jamik adalah sebuah masjid tua yang mempunyai desain rancangan Bung karno semasa di Bengkulu, majid Jamik menjadi salah satu cerita sejarah dari tanah Bengkulu karena di masjid ini semua ornament hasil dari rancangan presiden pertama Republik Indonesia. Ketika berkunjung ke Bengkulu anda wajib mengunjungi masjid ini untuk mengetahui bagaimana keindahannya.


  • Monument parr
Monument ini dibangun untuk memperingati jasa jenderal Robert Hemilton yang tewas karena pemberontakan dari rakyat Bengkulu. Monument ini dibangun pada tahun 1793 oleh pemerintah Inggris sampai sekarang monuent ini masih menjadi salah satu bangunan bersejarah di Bengkulu.


  • Rumah kediaman Bung Karno
Kisah Bung Karno yang di asingkan ke tanah Bengkulu menjadi bagian dari sejarah yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bung Karno selama di perasingan mendiami rumah bersama istirinya Ingit Ganarsih pada tahun 1938 sampai 1942. Rumah ini mempunyai arsitektur yang menarik dengan lima ruangan yang dijadikan tempat penyimpanan barang-barang peninggalan Bung Karno. Saat ini Rumah Kediaman Bung Karno telah menjadi bangunan sejarah di Bengkulu yang dijadikan museum. Segala peralatan yang dahulu digunakan Bung Karno bisa kita temukan masih tersimpan rapi di sini. Keunggulan lainnya rumah ini memiliki taman bunga yang indah.



Wisata sejarah di kota Bengkulu sangat erat kaitannya dengan Inggris dan Bung Karno. Inggris menjadikan kota Bengkulu sebagai tanah jajahan penghasil cengkeh dan lada yang berusaha di pertahankan dari serangan tentara VOC Belanda. Sentot Aibasyah merupakan seorang pejuang dan pendakwah yang mengajarkan ajaran agama Islam pada rakyat Bengkulu kala itu sedangkan Bung Karno merupakan tokoh pengganti dalam pencapaian kemerdekaan Bangsa Indonesia. Bangunan bersejarah di Bengkulu sangat sayang bila anda lewatkan begitu saja provinsi ini menyuguhkan wisata sejarah yang sedikit berbeda dari yang lainnya.