Bangunan Bersejarah Di Manado Yang Menyimpan Jutaan Kisah

Bangunan bersejarah di Manado merupakan salah satu tempat destinasi  wisata yang  ada di kota Manado yang wajib dikunjugi dan dijaga. Kota Manado tidak hanya memiliki  berbagai macam bangunan sejarah namun juga memiliki jutaan kisah menarik tentang bangunan-bangunan tersebut. kota Manado juga merupakan salah satu kota yang didirikan oleh kolonial Belanda. Berikut akan dibahas lebih lengkapi mengenai bangunan bersejarah di Manado yang menyimpan banyak kisah menariknya.


Klenteng Ban Hin Kiong
Klenteng ban hin kiong merupakan salah satu klenteng tertua yang terletak di Sulawesi Utara. Klenteng yang ada di Manado ini dibangun pada tahun1819 yang berarti usia klenteng ini sudah lebih dari 200 tahun. Ketika menuju ke bangunan klenteng dari gapura klenteng sudah terlihat bangunan ini sangat dominan dan khas dengan warna merah yang dilengkapi dengan ornamen binatang atau patung yang memiliki arti tertentu. Selah satu ornamennya adalah naga yang terdapat pada kedua tiang besar penyangga yang ada di depan pintu masuk utama, yang menunjukkan arti kegagahan dan kekuatan yang dimiliki oleh seekor naga serta dengan kebijaksanaanya.

Gereja Sentrum Manado
Bangunan bersejarah di Manado selanjutnya ada gereja masehi injil minahasa atau yang juga dikenal dengan nama gereja sentrum Manado. Gereja ini dibangun pada tahun 1677 dan juga merupakan salah satu gereja tertua yang ada di kota Manado. Usia geraja setrum Manado ini sudah lebih dari ratusan tahun dan sekarang telah dijadikan salah satu situs sejarah religi yang ada di Manado. Bangunan bersejarah ini pernah beralih fungsi pada masa kedudukan Jepang, yang dijadikan sebagai markas Manado Syuu Kiri Sutokyop Kyookai atau disingkat MSKK, yang dipimpin oleh Pdt. Hamasaki yang berkebangsaan jepang.

Tugu Perang Dunia II
Tugu perang dunia kedua ini didirikan pada tahun 1940 yang ditandai dengan jatuhnya pasukan Jepang di Sulawesi Utara, namun ada juga yang mengatakan bahwa tugu  ini dibangun di abad ke 19 pada masa penjajahan Hindia Belanda melalui tangan VOC. Meskipun berbeda-beda pendapat tentang tahun pendirian tugu ini, akan tetapi masyarakat Manado tetap menjadikan tugu perang dunia kedua ini sebagai salah satu icon kotanya. Tugu ini terletak di jalan Sudirmana, kota Manado.

Monas Tondano
Tugu atau Monas Tondano merupakan sebuah tugu proklamasi yang sengaja dibangun sebagai simbol perjuangan melawan penjajahan. Bangunan bersejarah dimanado ini diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1975, oleh Gubernur Provinsi Sulawesi utara yang bernama H. V. Worang. Masyarakat Tondano menamakan monumen yang memilliki tinggi 15 meter ini sebgai Tugu Proklamasi atau monumen proklamasi. Dan dibangian utara tugu ini adalah pusat pembelanjaan, sedangkan di bagian selatan tugu ini ialah alun-alun dan kantor Kabupaten Minahasa.

Tugu/Patung Datu Lolong Lasut
Lolong Lasut ini diyakini sebagai orang yang menemukan Manado. Lolong Lasut lahir pada awal abad ke 16, dia merupakan sosok yang dihormati dan religius serta pemimpin penduduk setempat pada saat melawan penjajah portugis. Lolong Lasut juga yang membangun Manado atau dulunya dikenal dengan nama Tumani Negeri Wenang. Maka tidak heran, pada tahun 1987 masyarakat Manado mengabadikan patung Lolong Lasut  yang diletatkan di Taman Kesatuan Bangsa.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami paparkan untuk anda. Semoga apa yang telah dibahas diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai bangunan bersejarah di Manado.