APA SAJA BANGUNAN BERSEJARAH DI BALIKPAPAN?

Balikpapan adalah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Dari keseluruhan penduduk Kalimantan Timur (Kaltim), penduduk Balikpapan sekitar 22% yaitu sebanyak 701.066 jiwa. Di kota ini terdapat banyak masyarakat yang berasal dari daerah dan suku yang berbeda. Dengan keberagaman etnis yang ada di dalamnya, Balikpapan ini juga disebut sebagai kota yang heterogen. Namun, walaupun demikian Balikpapan tetap menjadi kota yang kondusif dan tertata. Keharmonisan tetap terjaga antar etnis sehingga tetap saling menghormati satu sama lain. Hal yang tak kalah menarik dari kota Balikpapan ini juga tersedianya tempat wisata, termasuk wisata sejarah dengan bukti bangunan yang masih ada. Untuk itu, bangunan bersejarah di Balikpapan akan dijelaskan sebagai berikut.


Beberapa Bangunan Bersejarah Di Balikpapan
1.   Monumen Perjuangan Rakyat
Monumen Perjuangan Rakyat atau yang disingkat dengan Monpera ini adalah sebuah bangunan untuk mengenang perjuangan rakyat Kalimantan Timur saat masa penjajahan dulu. Monumen ini memiliki tinggi sekitar 20 meter. Monumen ini direskimkan pada 16 November 1995 oleh Panglima ABRI, Feisal Tanjung. Monumen ini memiliki ruang yang terbuka untuk umum dan panggung terbuka untuk pertunjukan seni- budaya. Terdapat tiga tangga menuju patung Tiga Prajurit pada bagunan dasar monumen. Tiga prajurit tersebut berusaha mendirikan sang saka merah putih. Pada sisi monumen terdapat taman yang rapi, sementara di bagian belakang terdapat pantai berpasir putih.

2.    Makam Jepang- Lamaru
Bangunan bersejarah di Balikpapan selanjutnya adalah Makam Jepang- Lamaru. Ini adalah sebuah makan jepang yang terletak di daerah Lamaru. Bangunan ini terletak sekitar 26 kilometer dari kota Balikpapan. Makam ini ditandai dengan sebuah tugu bertuliskan kanji dengan tinggi sekitar 3 meter. Tugu tersebut adalah sebuah bukti sejarah yang pada waktu itu merupakan tugu peringatan serdadu Jepang yang meninggal saat perang dunia ke-2.

3.    Tugu Perdamaian Jepang- Australia (Km 13)
Tugu ini terletak di Jalan Soekarno Hatta Km. 13, No. 03 Kecamatan Balikpapan Utara. Di area tugu terdapat beberapa lubang yang menurut sejarah adalah bekas bom/ rudal pesawat tempur waktu itu. Bangunannya berbentuk persegi dan ujung bagian atasnya berbentuk setengah lingkaran.

4.    Bunker Jepang
Dahulu, tentara Jepang membangun bunker- bunker pertahanan di Balikpapan ini. Bunker tersebut banyak ditemukan di wilayah Timur Kota Balikpapan dan menjadi bangunan bersejarah di Balikpapan. Terdapat 20 bunker yang ditemukan, 8 diantaranya kondisinya masih utuh dan baik. Namun, hal yang perlu diketahui adalah tidak semua bunker trsebut bisa dikunjungi karena sebagian ada di wilayah militer.

5.  Tugu Australia
Tugu yang merupakan salah satu bangunan bersejarah di Balikpapan ini terletak di area pusat Kota Balikpapan. Tugu ini dibangun oleh pemerintahan Australia. Tujuan dibangunnya tugu ini adalah untuk memperingati pasukan divisi VII Australia yang telah gugur menghadapi pasukan Jepang saat perang dunia 2. Untuk tetap mengenang dan menghormati pasukan yang telah gugur tersebut, pemerintah Australia dan penduduk yang berkebangsaan Australia melakukan upacara penghormatan. Upacara ini dilakukan setiap tahun.

Demikian penjelasan mengenai bangunan bersejarah di Balikpapan. Jika berkunjung ke Kota tersebut, jangan lupa untuk mengunjunginya tempat- tempat yang sudah disebutkan di atas. Hal ini bisa menjadi sarana penambahan ilmu bagi kita. Selain itu, dengan mengetahui beberapa bangunan bersejarah tersebut juga akan menyadarkan kita bahwa Indonesia ini tak lepas dari sejarah yang tidak boleh dilupakan terutama bagi generasi mudanya.