Taman Ayodya Barito, Tempat Liburan yang Asri

Taman adalah salah satu tempat yang biasa kita datangi. Untuk bersantai atau untuk berolahraga. Selain itu, taman juga bisa dipakai untuk penyeimbang kota. Karena dengan adanya taman yang dipenuhi pepohonan yang rimbun bisa menjadi paru-paru kota. Ada banyak sekali taman yang ada di Jakarta. Dengan kota yang sangat padat tersebut. Taman memang sangat diperlukan. Adapun taman yang berlokasi di sekitar ibukota ini adalah taman tabebuya, taman suropati, taman menteng, taman monas, taman situ lembang, taman lapangan bentang, taman langsat, taman martha tiahahu,  taman Honda tebet dan taman ayodya.


Taman ayodya barito atau yang biasa dikenal dengan nama taman ayodya adalah sebuah taman kota yang berada di Jakarta Selatan. Taman ini berada di lahan seluas 7.500 m2 dan dilengkapi dengan kolam buatan seluas 1.500 m2 di tengahnya.

 
Berbeda dengan tempat rekreasi yang lain, untuk masuk taman ini kita tidak perlu membayar tiket alias gratis. Meski demikian, di taman ayodya barito ini telah memiliki banyak fasilitas yang cukup lengkap, seperti :
-    Panggung teater dan bangku tribun
-    Bangku-bangku taman terbuat dari beton dan besi
-    Lintasan lari ( jogging track) seluas 1700 meter persegi
-    Jalur kursi roda
-    Dua ratus batang pohon
-    Toilet laki-laki dan wanita
-    Dua buah gazebo untuk berteduh dan lesehan setelah berolahraga
-    Danau dan Air mandur
-    Penerangan yang cukup di malam hari

Untuk menuju taman ini bisa menggunakan angkutan umum seperti di bawah ini :
-    Mitro mini 69 trayek Blok M – Cileduk
-    Mitro mini 74 trayek Blok M – rempoa
-    Mitro mini 71 trayek Blok M – kodam - bintaro
-    Mitro mini 79 trayek Blok M – lebak bulus
-    Kopaja 614 trayek pasar minggu – cipulir
-    Kopaja 08 trayek pasar minggu – tanah abang

Di taman ini kita bisa melakukan banyak hal seperti olah raga (jogging atau bersepeda), member makan ikan di danau, main sepatu roda, melihat air mancur, duduk bersantai bersama keluarga dan berfoto bersama. Oleh karenanya, di taman ayodya barito ini juga banyak ditemui juru foto yang berkeliling dan menawarkan jasa foto instan kepada para pengunjung taman.  Namun, untuk jajan atau sekedar membeli makan nampaknya agak sulit, karena pedagang kaki lima ditempatkan di lokasi khusus dengan tujuan agar tidak mengganggu warga yang sedang berolah raga atau bersantai di taman.

Lokasi taman ini juga berdekatan dengan hotel Gran Mahakam, plaza blok M, pasar burung barito, mall kebayoran baru, pasar taman puring, dan resto paun 9.
Biasanya pada hari sabtu atau minggu, taman ini ramai akan pengunjung. Untuk menambah kenyamanan taman, pihak dari taman ayodya akan menambahkan fasilitas umum berupa jaringan nirkabel. Akses ini diupayakan akan dapat meningkatkan daya tarik taman dan juga bisa menjadi daya dukung untuk menjadikan taman tersebut sebagai tujuan wisata alternatif bagi kaum ekspatriat. Selain itu, akan ditambah pula toilet khusus bagi para penyandang cacat yang menggunakan kursi roda. Hal ini yang menjadikan taman ini sebagai salah satu taman yang memfasilitasi pengunjung dengan kebutuhan khusus.
Itulah tadi detail mengenai salah satu taman di Jakarta yaitu taman ayodya barito.