MENGENAL 5 BANGUNAN BERSEJARAH DI BANDUNG

Bandung memang menjadi salah kota yang sering dikunjungi oleh masyarakat karena banyaknya tempat wisata di dalamnya. Hal ini mulai dari wisata alam, kuliner dan juga mengenal bangunan sejarah. Bangunan bersejarah di Bandung juga menjadi hal penting yang harus diketahui, khususnya bagi kita sebagai warga negara Indonesia. Adanya bangunan tersebut tentu merupakan sebuah bukti nyata bahwa kota Bandung, Jawa Barat ini memiliki nilai sejarah. Sebagai kota yang memiliki banyak bukti sejarah ini, Bandung tidak pernah sepi oleh wisatawan. Untuk lebih mengenal bangunan bersejarah tersebut berikut ulasannya.


Beberapa Bangunan Bersejarah Bandung

1.   Gedung Merdeka


 Bangunan bersejarah di Bandung yang pertama adalah gedung merdeka. Gedung ini pernah ditempati Konfrensi Asia- Afrika pada tahun 1995. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi tempat pertemuan konstituante RI, dan peristiwa sejarah lainnya. Lokasi gedung ini yaitu di Jalan Asia Afrika No. 65, Kota Bandung. Saat ini, gedung ini dijadikan tempat penyimpanan koleksi dan juga foto- foto saat konfrensi berlangsung waktu itu.

2.   Gedung Sate


 Lokasi gedung sate ini yaitu di Jalan Diponegoro No. 22, Kota Bandung. Dinamakan gedung sate karena gedung ini memiliki ciri yang khas yaitu atap yang menyerupai sate. Gedung ini menjadi icon Jawa Barat dan saat ini dijadikan sebagai gedung pusat pemerintahan. Awalnya, gedung ini disebut dengan gedung Hebe, dibangun pada tahun 1920. Namun, secara perlahan seiring bertambahnya waktu gedung ini dijuluki sebagai gedung sate. Gedung ini menjadi gedung pusat pemerintahan sejak tahun 1982. Hal unik dari tempat ini adalah tersedianya replika makanan dan kebudayaan sunda di gedung atas menara. Tak heran jija gedung ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dan asing.

3.  Goa Belanda dan Goa Jepang


 Selanjutnya yang termasuk dalam deretan bangunan bersejarah di Bandung adalah Goa Belanda dan Goa Jepang. Kedua goa tersebut berada di Taman Hutan Raya Juanda, tepatnya di Jalan Ir. H. Djuanda No. 99, Dago Pakar, Kota Bandung. Namun, untuk goa jepang letaknya berjarak sekitar 400 meter dari goa Belanda. Dahulu, goa ini adalah terowongan PLTA yang terdapat 15 lorong, dan beberapa ruangan. Ruangan tersebut berfungsi untuk tempat istirahat tentara belanda, ruang interogasi tahanan, penjara, dan ruang tahanan. Sementara goa jepang digunakan untuk berkumpulnya tentara jepang ketika mengatur strategi militer.

4.  Bosscha



Bosscha juga menjadi salah satu bangunan bersejarah di Bandung. gedung ini merupakan tempat peneropongan bintang tertua. Lokasi bangunan ini terletak di Lembang, Jawa Barat. Kawasan ini dikenal sejuk karena bangunan ini terletak di ketinggian sekitar 1.310 mdpl. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan bintang sambil belajar ilmu tentang perbintangan / astronomi. Jika anda ingin masuk ke tempat ini, anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Lokasi Bosscha berjarak sekitar 15 km utara Kota Bandung.

5.   Villa Isola


 Selain beberapa yang sudah disebutkan di atas, Villa Isola juga termasuk dalam bangunan bersejarah di Bandung. Lokasi tempat ini di Jalan Setiabudi, tepatnya di kompleks Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Saat zaman pendudukan Jepang, gedung ini menjadi tempat kediaman sementara Jendrel Hitoshi Imamura menjelang perjanjian Kalijati. Gaya arsitektur bangunan ini sangat khas.

Itulah beberapa bangunan bersejarah di Bandung yang bisa menjadi referensi untuk anda kunjungi. Jika anda berkunjung ke Bandung, jangan melewatkan tempat- tempat tersebut. Hal ini bisa menjadi wahana untuk menambah pengetahuan anda dalam hal sejarah.