INILAH 5 BANGUNAN BERSEJARAH DI JAKARTA YANG PERLU DIKETAHUI

Nilai- nilai budaya dan juga sejarah sudah pasti dimiliki oleh ibukota negara Indonesia ini. Banyak cerita yang tersimpan di kota Jakarta ini untuk dapat dinikmati oleh para wisatawan. Hal ini tentu harus dikenalkan kepada generasi muda agar mereka mengerti tentang sejarah tersebut. Semua itu tak lepas dari bantuan para generasi yang mengenalnya, seperti para orangtua terhadap anaknya sudah sewajarnya mengenalkan hal tersebut. Tidak hanya terbatas untuk warga Indonesia saja, wisatawan asing juga dapat mengenal hal mengagumkan tersebut. Jakarta mungkin memang membosankan dengan segala hiruk pikuk yang ada di dalamnya. Namun, di dalamnya masih tersimpan bangunan bersejarah yang perlu anda ketahui. Bangunan bersejarah di Jakarta ini bisa anda simak pada penjelasan berikut.


Beberapa Bangunan Bersejarah Di Ibukota Indonesia

1.   Monumen Nasional Jakarta


 Monumen Nasional atau yang disingkat dengan Monas adalah bangunan setinggi 132 meter. Bangunan ini dibangun oleh pemerintahan presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1961. Frederich Silaban dan R.M. Soedarsono adalah yang menjadi arsiteknya. Bangunan ini dibuka dan diresmikan pada tanggal 12 Juli 1975. Monas ini merupakan icon dari ibukota Jakarta, letaknya juga di pusat kota Jakarta.
Tugu Monas ini memiliki ciri khas tersendiri yang melambangkan kekhususan Indonesia. Bentuknya menjulang tinggi dengan pelataran cawan yang luas mendatar. Hal yang paling menarik dari Monas ini adalah di atas tugu terdapat api yang menyala yang melambangkan semangat bangsa Indonesia yang tak pernah berhenti berjuang. Tugu Monas yang tampak seperti api tersebut merupakan lempengan emas yang dilapisi pada puncak monas. Untuk menikmati indahnya Monas, anda bisa membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- untuk dewasa dan Rp. 10.000,- untuk anak- anak, dibuka setiap hari pukul 08.00 – 15.00 WIB.

2.  Museum Nasional Indonesia




Bangunan bersejarah diJakarta selanjutnya yaitu Museum Nasional Indonesia. Kawasan museum ini masih berada dalam satu kawasan dengan Monas. Jika berkunjung ke Monas bisa sekalian ke Museum Nasional. Di dalam museum terdapat 140.000 koleksi yang meliputi arca- arca kuno, benda- benda kuno, prasati, dan barang kerajinan lainnya.

3.  Monumen Proklamator


 Selain dua bangunan bersejarah di Jakarta yang sudah disebutkan di atas, bangunan lainnya yaitu Monumen Proklamator. Monumen ini adalah tugu yang menggambarkan kemerdekaan Indonesia.  Seperti yang sudah ada dalam sejarah, monumen ini digambarkan dengan presiden Soekarno yang sedang membacakan naskah proklamasi dengan didampingi oleh Muhammad Hatta. Pada bagian tengahnya, terdapat batu murmer hitam dengan tulisan naskah proklamasi. Dahulu setelah era reformasi, tugu ini menjadi tempat demonstran dalam menyuarakan aspirasinya.

4.  Galangan Kapal VOC


 Yang termasuk dalam bangunan bersejarah di Jakarta lainnnya yaitu galangan kapal VOC. Bangunan ini dibangun pada tahun 1628, jadi tak heran jika bangunannya sudah tampak tua. Galangan ini merupakan saksi kehebatan bahari kota Jakarta di era VOC. Hal dini dikarenakan pada zaman dahulu galangan kapal VOC ini mengakomodir kapal lain yang akan berlayar ke lautan.

5.  Museum Bahari


 Bangunan selanjutnya yaitu Museum Bahari. Di museum ini, anda dapat melihat berbagai macam koleksi jenis perahu tradisional dari berbagai daerah. Kapal VOC yang unik juga masih tersimpan disini. Tidak hanua perahu saja, koleksi lain yang berkaitan dengan peralatan berlayar akan ditemukan disini.
Itulah beberapa bangunan bersejarah di Jakarta yang bisa anda kunjungi. Berkunjung ke tempat- tempat tersebut tidak hanya akan menambah wawasan, namun juga bisa menjadi jalan untuk menambah rasa cinta terhadap negara kita Indonesia.