Bangunan Bersejarah di Surabaya : Gedung RRI bangunan bersejarah kota Pahlawan



Surabaya atau kota pahlawan adalah sebuah kota yang berada di Jawa Timur, kota Surabaya diyakini terbentuk atas legenda perkelahian ikan sura dan buaya. Monumen ikan sura dan buaya sebagai cikal bakal nama Surabaya dapat kita temui di depan kebun binatang Surabaya. Surabaya sebagai kota pahlawan menyimpang banyak cerita sejarah mengenai perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaannya. Salah satu bangunan bersejarah di Surabaya yang sangat berjasa bagi kemerdekaan bangsa adalah gedung RRI Surabaya atau dikenal dengan nama radio Surabaya simpang weh pada masa kolonial Belanda. Gedung ini sangat berjasa khususnya di masa awal kemerdekaan Indonesia, lokasi gedung RRI berada di Jl. Pemuda 82-90 terletak berhadapan dengan Plaza Surabaya.

Gedung Radio Republik Indonesia Surabaya telah menjadi saksi sejarah dengan menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan ke seluruh penjuru Surabaya dan menyiarkan kedatangan tentara Inggris yang akan melucuti tentara Jepang dengan di bonceng oleh tentara Belanda, pada masa itu tentara Belanda dibonceng tentara Sekutu yang ingin kembali menguasai wilayah jajahan Indonesia, berkat siaran yang dilakukan RRI Surabaya warga Surabaya menjadi tahu bahwa kedatangan Inggris tidak murni tugas dari kesepakatan antar negara. Munculnya gerakan 10 November menjadi bukti nyata keberhasilan radio RRI Surabaya menyampaikan Informasi tersebut.


Di luar tembok pagar gedung RRI Surabaya terdapat sebuah tugu yang dibangun untuk memperingati pertempuran antara pihak Sekutu (Jenderal Mallaby) melawan para pemuda Surabaya yang ingin tetap mempertahankan kemerdekaan tanah air. Tugu tersebut ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Tentara Inggris menduduki RRI Surabaya dengan menyekap Sukirman (pemimpin umum RRI Surabaya) selain itu tentara Inggris juga menembaki semua orang yang lewat tanpa ampun, para pemuda yang sudah mengetahui hal tersebut tidak bisa tinggal diam mereka menyerbu gedung RRI Surabaya yang telah dikuasai oleh tentara Inggris pertempuran pun tidak bisa dihindari.

Kondisi tugu monumen peristiwa di RRI Surabaya. Kondisi tugu saat ini sungguh sangat memprihatinkan sudah jarang orang yang ingin berhenti untuk membaca sejenak tulisan yang ada di dalamnya. Namun sekarang pihak pemerintah kota Surabaya telah membangun kembali tugu perjuangan menjadi lebih megah dan dengan ukuran yeng lebih besar dari yang sebelumnya dengan riwayat cerita yang lebih lengkap dan komplit untuk menarik hati para pengunjung.

Kondisi RRI Surabaya sekarang telah menjadi bangunan bersejarah di Surabaya yang berevolusi menajdi bangunan yang cantik dan elok tidak ada kesan jadul atau antik pada setiap sisinya, pada temboknya berbentukan kotak-kotak yang berwarna-warni yang menunukkan sebuah upaya seni kreatif untuk mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat digital. Radio Republik Indonesia di Surabaya tidak ingin kalah saing dengan radio-radio swasta.

Untuk tetap melestarikan RRI Surabaya menjadi sebuah bangunan bersejarah di Surabaya perlu adanya kedaraan oleh semua pihak entah itu pemerintah, warga lokal, wisatawan maupun eleman masyarakat guna menjadi salah satu upaya untuk memperingati sejarah bangsa Indonesia. Upaya pembaharuan dari pemerintah Kota Surabaya dan Dinas terkait perlu diimbangi dengan adanya sikap sadar dari masyarakat untuk menghargai dan turut merawat bangunan bersejarah tersebut. Rasa bangga arek-arek Suroboyo bisa tercermin dari kondisi bangunan bersejarah yang ada di wilayahnya. Gedung RRI Surabaya masih aktif sampai sekarang menjadi radio nasional yang mewartakan kehidupan warga Surabaya dan Nasional. Kota Surabaya sudah sepantasnya berbangga diri mempunyai gedung bersejarah yang masih kokoh sampai sekarang.