Bangunan Bersejarah di Pekanbaru : Mengenal Bangunan Beresejarah Di Pekanbaru Riau

Bangunan Beresejarah Di Pekanbaru Riau. Mengenal bangunan bersejarah memang hal yang perlu dilakukan dengan tujuan mengenal sejarah yang pernah ada di Indonesia. Negara Indonesia memiliki banyak sekali tempat bersejarah yang dapat di kunjungi. Di setiap Provinsi di Indonesia pasti mempunyai bangunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah dan menggambarkan kisah zaman dahulu kala baik terlihat dari peninggalan prasasti ataupun relief-relief yang ada pada peninggalan sejarah tersebut.
Pekanbaru kota yang dikenal dengan budaya melayu yang sangat kental dan juga termasuk salah satu kota ekonomi aktif atau kota bisnis di Indonesia juga memilki bangunan bersejarah. Jika anda salah satu penduduk pekanbaru, ataupun yang ingin mengunjungi Pekanbaru anda harus mengetahui beberapa bangunan bersejarah yang ada di sana.
Candi  Muara Takus
Pernah mendengar Candi Muara Takus sebelumnya? Pertama kali dalam pikiran bahwa bangunan candi hanya ada di sekitaran Pulau Jawa. Di Sumatera tepatnya di Pekanbaru, Riau terdapat sebuah candi yang menyimpan sejarah. Berada di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, yang berada tepat di Kabupaten Kampar, Pekanbaru Riau terdapat sebuah candi peninggalan kerajaan Sriwijaya, yaitu Candi Muara Takus. Mengingat Candi Muara Takus adalah candi tertua yang ada di Pulau Sumatera dan juga merupan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi yang ada di Pekanbaru. Candi Muara Takus merupakan candi agama budha hal ini dikarenakan terdapat stupa pada candi ini. Di sekitar Candi Muara Takus terdapat beberapa bangunan candi lainnya, seperti Candi Sulung, Candi Bungsu, Mahligai Palangka, dan Mahligai Stupa.

Masjid Agung An-Nur
Masjid ini merupakan masjid termegah yang ada di Indonesia. Bangunan arsitektur masjid ini mengadaptasi dari gaya Arab, Turki, India, dan Malayu tidak heran kenapa Masjid Agung Annur menjadi masjid termegah. Masjid Agung Annur merupakan masjid yang mempunyai nilai sejarah untuk perkembangan islam di Pekanbaru, Riau.
Masjid Agung Annur mempunyai sebutan Taj Mahal Riau karena bangunan masjid yag mirip Taj Mahal. Di sekitar halaman masjid penduduk sekitar sering menggunakan untuk aktifitas jogging dan futsal. Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Annur kapan saja. Jika anda mengunjungi masjid pada hari kerja, anda bisa melihat bagaimana proses kegiatan belajar mengajar disekitar masjid.

Instana Siak Sri Indrapuri
Salah satu bangunan bersejarah yang ada di kota Pekanbaru, Riau adalah Istana Siak Sri Indrapuri. Istani ini disebut juga dengan Isatan Matahari Timur. Bangunan Istana ini dulunya merupakan tempat tinggal Sultan Siak. Bagunan istani ini sekarang masuk dalam wilayah Administarasi Kabupaten Siak.
Bangunan Istana Siak bercorak Melayu, Eropa dan juga Arab. Selain Istana Siak sebagai bangunan utama terdapat beberapa bangunan istana lainnya, seperti Istana Padjang, Istana Baroe, dan juga Istana Lima. Luas seluruh bangunan istana sekitar 32km persegi. Istana Siak saat ini menjadi banguna  bersejarah simbol kepariwaisataan yang ada di Pekanbaru, Riau.

Tugu Pahlawan Kerja
Provinsi Riau memiliki sebuah bangunan yang dimana bangunan sederhana ini mengenang jasa pahlawan yang berkorban pada zaman penjajahan Jepang. Bangunan ini disebut dengan Tugu Pahlawan Kerja. Tugu Pahlawan Kerja yang tepat berada di Jalan Raya Pekanbaru Km 10 yang dimana jalan ini menuju Teratak Buluh Perhentian Marpoyan.


Balai Adat Riau
Bangunan yang mempunyai nilai arsitektur kebudayaan Malayu yang ada di Riau. Dulunya balai adat ini dibangun untuk kegiatan-kegiatan adat Malayu Riau. Bangunan ini dihiasi dengan ukiran-ukiran tenun. Saat ini Balai Adat hanya di manfaatkan untuk aktifias pertemuan. Bangunan Beresejarah Di Pekanbaru Riau