Bangunan Bersejarah di Palembang

Bangunan bersejarah di Palembang dapat menjadi lokasi yang keren saat berwisata di kota empek-empek ini. Ya,  tak hanya khas dengan kulinernya, Palembang juga menawarkan berbagai tempat wisata bagi Anda dan keluarga yang wajib Anda kunjungi. Apa saja sih? Oke, tidak perlu berlama-lama lagi, kami akan bahas, maka baca dan simaklah ulasannya berikut di bawah ini ya.

Kambang Iwak
Kambang Iwak saat ini populer dengan nama Kambang Iwak Park yang merupakan kawasan taman hijau yang kerap digunakan untuk olahraga marathon. Di area sekarang memang sudah tidak seperti dahulu lagi, mengingat sejak pusat kota Pemerintahan Palembang dipindah ke lokasi baru yakni barat Benteng Kuto Besak. Ya, kambang iwak memang lebih terstruktur dan tertata rapi karena adanya beberapa relokasi serta tata ruang yang oke punya dan bisa menjadi destinasi wisata juga bagi Anda dan keluarga.

 
Benteng Kuto Besak
Berdasarkan sejarahnya, benteng kuto besak merupakan area administratif dari Pemerintahan Hindia Belanda yang kala itu dipimpin oleh residen. Kemudian saat itu, benteng kuto besak berfungsi sebagai instalasi militer dan tempat tinggal untuk pejabat militer, perwira militer, serta komisaris Hindia Belanda, yang sebelumnya benteng kuto besak ini digunakan untuk tempat tinggal dari sultan Palembang. Sebagai informasi berikutnya bahwa dibangunnya kota Palembang mejadi kota modern memang sudah dijalankan sejak abad 20 masehi ketika Pemerintahan Hindia Belanda berlangsung. Selanjutnya, hal tersebut disusul dengan adanya suatu peraturan dari Permerintah Hindia Belanda mengenai strukur Pemerintah kota Palembang dpimpin oleh walikota. Nah, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi benteng kuto besak ini sebagai suatu destinasi yang memberikan pengetahuan tentang pentingnya suatu sejarah?

Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang merupakan masjid yang terkenal dengan sejarah Islamnya. Masjid ini adalah suatu warisan kesultanan Palembang. Masjid dibangun dari tahun 1728 hingga 1748. Beberapa orang mengatakan bahwa masjid ini merupakan masjid yang terbesar di wilayah Indonesia, namun memang masjid agung Palembang ini pernah beberapa kali dilakukannya renovasi seperti pada tahun 1819, 1893, 1916, 1850, 1970, dan 1990. Mengenai gaya arsitektur masjid, terdapatlah suatu menara yang kental dengan budaya dari negeri tirai bambu, China, dan masih ada hingga saat ini serta masjid agung Palembang juga masih mempertahankan budaya dan adat istiadat Palembang, yang terbukti dari adanya ukiran pada masjid yang merupakan kekhasan Palembang, yang dinamakan dengan lekeur. Tak hanya itu, arsitekturnya pun juga perpaduan tiga negara yakni eropa, china, dan Indonesia. Masjid Agung Palembang ini menjadi bukti bahwa kejayaan Islam pada masa lampau masih tetap lestari dan ada hingga sekarang ini. Setelah adanya renovasi sekitar tahun 2000, yang kemudian renovasi selesai tahun 2003, presiden Megawati Soekarnoputri pun kemudian meresmikan masjid tersebut. Tunggu apa lagi, wisata sejarah Islam di masjid agung Palembang!


 Dari adanya pembahasan mengenai tempat wisata di Palembang seperti halnya kambang iwak, benteng kuto besak, dan masjid agung Palembang, semoga menjadi ide dan referensi saat Anda dan keluarga berlibur di kota empek-empek ini. Selain itu, dengan Anda berwisata ke tempat-tempat tersebut, diharapkan dapat menjadi tambahan ilmu di bidang sejarah baik sejarah kemerdekaan dan sejarah Islam yang berkembang di Palembang. Oleh karena itu, mari ajak sahabat, teman, dan keluarga Anda untuk berwisata ke Palembang dan kunjungilah bangunan bersejarah di Palembang ya!