Rumah adat padang dan penjelasannya : Keunikan Rumah Adat Padang

Rumah adat padang dan penjelasannya adalah topik yang akan kami ulas kali ini. Rumah adat padang atau yang kerap disebut dengan rumah gadang ini merupakan salah satu rumah adat di Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam proses untuk membangun rumah gadang hingga keunikan yang ada pada rumah adat padang ini menjadi suatu warisan nusantara yang harus kita lestarikan. Nah, untuk lebih detailnya mengenai rumah gadang, marilah baca dan simak pembahasannya berikut di bawah ini ya.


Nilai Gotong Royong dari Berdirinya Rumah Adat Padang
Nilai gotong royong menjadi nilai yang terkandung pada rumah adat padang. Hal tersebut dibuktikan dengan proses membangun, renovasi atau perbaiki, sampai membuka rumah adat padang ini yang dilakukan oleh masyarakat yang biasanya dilakukan secara gotong royong, yang mana nilai kebersamaan hadir di masyarakat padang. Dengan munculnya suatu unsur yakni kebersamaan di antara para anggota masyarakat ini mencerminkan bahwa kehadiran rumah adat padang sebagai langkah dimana masyarakat tetap menjaga nilai gotong royong yang telah hadir sejak dahulu.

Manfaat Dibangun Rumah Adat Padang atau Rumah Gadang
Dilihat dari manfaat atau pun fungsi dibangunnya rumah gadang ini, tentunya rumah gadang ini memiliki fungsi. Nah, apa sajakah fungsi berdirinya dari rumah gadang tersebut? Fungsi yang pertama adalah bahwa rumah gadang adalah rumah yang tetap mempertahankan ketentuan dasar adat yang berlaku dalam mendirikan rumah gadang. Untuk fungsi berikutnya adalah bahwa rumah adat padang atau rumah gadang ini bermanfaat sebagai tempat untuk acara adat dan juga tempat tinggal. Berkaitan dengan hal tersebut, mengenai ukuran rumah gadang berdasarkan dari banyaknya penghuni atau pun anggota pada suatu rumah. Selain itu, untuk suatu rumah gadang, biasanya jumlah ruangan yang tersedia berjumlah ganjil seperti tujuh, sembilan, lima, atau pun dapat juga lebih dari itu. Kemudian, rumah gadang ini juga sebagai tempat untuk acara adat diantaranya acara kelahiran, perkawinan, kematian, dan lain sebagainya. 


Desain Rumah Gadang
Sehubungan dengan desain rumah gadang, rumah gadang ini mempunyai desain yang unik. Hal itu ditandai dengan bentuknya yaitu dengan bentuk segi empat. Selanjutnya, badan rumah dari rumah adat padang tersebut dibagi  menjadi dua bagian yakni bagian depan dan bagian belakang rumah. Pada bagian depan rumah gadang, biasanya ada ukiran atau ornamen dengan motif gambar yang unik, bisa berupa bunga, akar, dan daun. Untuk bagian belakang rumah, biasanya menggunakan bahan dari bambu. Selain itu, rumah gadang tersebut juga memiliki suatu hal yang unik pada bagian arsitekturnya. Mengapa? Hal ini disebabkan karena bentuk atap pada rumah gadang mempunyai bentuk yang menyerupai dari tanduk kerbau. Nah, tanduk kerbau tersebut terbuat dari ijuk. Tak hanya itu, pada bagian halaman depan di rumah gadang terdapat bangunan rangkiang sebanyak dua buah yang bermanfaat untuk tempat penyimpanan padi.
Dari beberapa ulasan di atas mengenai nilai gotong royong pada rumah gadang, fungsi berdirinya rumah adat padang, dan keunikan desain pada rumah gadang. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan manfaat bagi Anda untuk lebih mengetahui rumah adat padang. Tidak hanya itu, bahwa rumah gadang yang merupakan warisan nusantara ini agar tetap lestari. Untuk itu, rumah adat padang dan penjelasannya menjadi salah satu pemahaman bagi Anda dalam rumah adat nasional di  negara Indonesia.