Rumah Adat Aceh (Rumoh Aceh) Dan Keterangannya

Rumah adat aceh dan keterangannya – Aceh merupakan sebuah provinsi Indonesia yang berada di paling ujung utara dari Pulau Sumatera. Provinsi Aceh juga erat disebut sebagai Daerah Istimewa sebab dalam pemerintahan Aceh negara Indonesia sudah menjamin secara khusus daerah Aceh untuk mengatur hukum daerahnya sendiri, terutama hukum dalam hal syariat islam. Aceh memang sudah sangat erat kaitannya dengan budaya agama islam.

Bahkan dalam sejarah juga sudah mengatakan bahwa Aceh ialah pintu masuk dari penyebaran agama islam yang ada di Indonesia pada zaman dulu. Oleh sebab itu budaya Aceh tidak terlepas dari budaya Melayu yang merupakan budaya aslinya dan juga budaya islam. Sebagai contoh yang dapat kita lihat ialah dengan adanya rumah adat Aceh yang disebut juga dengan rumoh Aceh.

Rumah Adat Aceh

Rumah Adat Aceh atau yang disebut juga sebagai Rumoh Aceh ini mempunyai bentuk seperti rumah panggung dan dilengkapi dengan 3 ruangan yang utama dan juga 1 ruangan tambahan. Tiga bagian utama yang ada di Rumah Aceh yakni serambi depan, serambi tengah, dan juga serambi belakang, sedangkan pada satu ruang tambahan itu berupa rumah dapur.



Struktur Bangunan Rumah Aceh

Rumoh Aceh ini mempunyai tangga yang berada di depan rumah dan berfungsi sebagai pintu masuk kedalam rumah yang dengan ketinggian antara 2,5 hingga 3 meter dari tanah dan juga umumnya mempunyai jumlah anak tangga yang ganjil. Rumoh Aceh ini mempunyai bentuk persegi panjang dan juga pada umumnya dibuat panjang dari arah Timur ke Barat. Sedangkan pada dinding rumah dibuat dari kayu dan dilengkapi dengan lukisan sebagai hiasan dinding. Banyak atau sedikitnya lukisan yang terpajang sesuai dengan perekonomian dari pemilik rumah tersebut.
Atap yang digunakan oleh Rumoh Aceh adalah dari daun rumbia atau bisa juga dari daun enau yang di anyam, serta lantai yang terbuat dari bambu. Karena dibuat dengan struktur panggung, maka bagian bawah rumah akan memiliki ruang. Ruang bawah ini biasanya digunakan oleh pemilik sebagai tempat penyimpanan bahan pangan atau lainnya, biasanya juga digunakan oleh para wanita untuk kegiatan seperti menenun.

Fungsi Rumoh Aceh

Rumoh Aceh sebagai identitas negara juga mempunyai fungsi sebagai rumah tinggal masyarakat dengan beberapa ruang yang masing – masing mempunyai kegunaan, berikut kegunaan dari masing – masing ruang tersebut:

Ruang Depan

Ruangan ini mempunyai fungsi sebagai tempat bersantai dan istirahat bagi penghuni rumah. Selain itu ruangan ini digunakan juga untuk menerima tamu.

Ruang Tengah

Ruangan ini merupakan ruangan inti dari Rumoh Aceh dengan ditandai lantai lebih tinggi daripada ruang depan. Ruangan ini merupakan ruangan yang sangat privat, tamu yang datang tidak akan diizinkan masuk ruangan ini. Ruangan inti memiliki kamar – kamar yang digunakan untuk tempat tidur kepala keluarga, tempat tidur anak, kamar pengantin, dan juga ruang pemandian jenazah saat ada anggota keluarga yang meninggal.

Ruang Belakang

Ruangan ini memiliki fungsi sebagai ruangan untuk makan dan juga dapur. Pada umumnya lantai dari ruangan ini lebih rendah jika dibandingkan dengan ruangan tengah. Seperti halnya ruang depan, ruang belakang juga tidak mempunyai kamar – kamar.
Rumoh Aceh tidak boleh asal - asalan dalam membangunnya, sebab isinya yang penting bagi kehidupan pemilik. Beberapa aturan juga wajib untuk ditaati saat akan membangun Rumah Adat Aceh. Demikianlah sedikit penjelasan mengenai rumah adat aceh dan keterangannya. Semoga dapat memberikan anda informasi yang berguna.