Nuwou Sesat: Rumah Adat Lampung

Nuwou sesat merupakan nama dari rumah adat lampung yang akan kami bahas dengan materi rumah adat lampung dan penjelasannya bagi Anda. Apakah Anda pernah mendengar nama nuwou sesat, atau malah baru saja mendengar kata tersebut?  Ya, nuwou sesat ialah rumah adat khas lampung yang mana merupakan peninggalan para leluhur sejak zaman dulu. Nuwou mempunyai arti yakni rumah dan sesat yaitu adat. Memang, fungsi yang utama dari rumah adat lampung ini biasanya kerap digunakan untuk tempat balai pertemuan warga. Sehubungan dengan hal itu, tentunya Anda juga semakin ingin tahu lebih dalam lagi tentang rumah adat lampung ini. Tak perlu berlama-lama lagi, marilah baca ulasannya di bawah ini.





Makna dari Oranemen Rumah Adat Lampung
Pada suatu rumah adat lampung, biasanya terdapat ornanem yang terelatk di bilik rumah. Nah, ornamen tersebut diamnil dari kitab peninggalan leluhur yang dinamakan kitab kuntara raja niti. Dalam kitab tersebut terdapat beberapa hal yang harus dijalankan kepada keturunan dari suku lampung. Apa saja hal-hal prinsipal tersebut? Hal pertama adalah mengenai pill pusanggiri yang mempunyai arti adanya rasa malu bila melakukan hal atau perbuatan buruk yang tidak sesuai dengan norma adat serta norma agama. Juluk adek memiliki makna bahwa seseorang yang sudah mempunyai suatu gelar di adat hendaknya mempunyai keprbadian yang dapat memberikan contoh atau pun teladan bagi sesamanya. Hal lainnya adalah nengah nyampur yang berarti untuk senantiasa menjaga hubungan secara baik dalam kehidupan di masyaraka. Nemui nyimah bermakna untuk tetap menjaga silahturahmi keluarga. Hal prinsipal berikutnya yaitu sakai sambaian yakni untuk tetap gotong royong dalam pekerjaan, dan sang bumi ruwa jurai yakni mempunyai arti persatuan di antara warga atau pun masyarakat, walaupun berbeda tetapi harus saling menghormati satu sama lainnya.

Struktur dari Nuwou Sesat
Membahas struktur nuwou sesat, bahwa memang rumah adat ini mempunyai bentuk yakni rumah panggung. Memang, struktur rumah panggung berujuan sebagai langkah dalam menghindari binatang buas. Ya, kita tahu wilayah lampung dekat dengan hutan-hutan, dan memang sebagian besar wilayah di lampung, masih banyak hutan-hutannya. Selain untuk menghindari adanya serangan binatang buas, hal tersebut juga berfungsi untuk menahan gempa karena wilayah lampung adalah wilayah dengan rawan gempa di Indonesia. Selanjutnya adalah pada bagian tangga rumah adat lampung ini disebut dengan nama ijan geladak. Biasanya, tangga tersebut mempunyai ukiran hiasan khas etnik dari Lampung. Hal itulah yang membuat rumah terlihat cantik dan unik. Untuk bagian depan, kita bisa lihat adanya suatu serambi yang biasanya disebut dengan nama anjungan yang mempunyai kegunaaan sebagai tempat untuk bertemu atau pun bercakap-cakap. Tidak hanya itu, masuk ke bagiandalam rumah bahwa terdapat beberapa bagian yakni seperti tetabuhan yaitu ruangan untuk menyimpan alat tradisional dan pakaian adat lampung, dan diikuti dengan ruangan pusiban sebagai tempat untuk musyawarah, kebik tengah, dan gajah merem sebagai tempat penyimbang untuk istirahat. Sungguh unik bukan?
Dengan adanya pembahasan tentang makna dari berbagai ornamen dan struktur rumah adat lampung, dapat menjadikan hal yang bermanfaat bagi Anda dalam topik budaya nusantara yakni rumah adat tradisional di Indonesia. Rumah adat lampung dan penjelasannya tersebut menjadi salah satu cara bagi Anda untuk lebih mengetahui dan menghargai kekayaan nusantara agar senantiasa tetap lestari.