Memahami Rumah Adat Palembang

Nama rumah adat palembang yang dinamakan rumah limas adalah rumah adat tradisional Indonesia yang harus Anda tahu. Hal ini dikarenakan sebab rumah limas mempunyai keunikan tersendiri pada bangunannya. Untuk itu, mengenai penjelasan lebih detail dan spesifik dari rumah limas ini, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan berikan ulasan tentang rumah adat palembang tersebut. Oke, tak perlu berlama-lama lagi, marilah baca dan simaklah pembahasannya berikut ini ya.





Manfaat Rumah Adat Palembang
Rumah limas mempunyai berbagai manfaat atau pun fungsi dari berdirinya suatu rumah adat tersebut. Fungsi rumah limas ini diantaranya adalah di bagian depan rumah adat palembang terdapat berbagai bagian ruangan seperti ruang kerja, gegajah, amben, dan jogan. Dari ruangan yang ada tersebut, untuk ruang utama menjadi ruang dalam proses untuk menyelenggarakan acara seperti contohnya pertemuan, upacara adat, dan lain sebagainya. Maka dari itu, ruangan di bagian depan ini biasanya mempunyai suatu hiasan atau pun ornamen. Untuk bagian selanjutnya ialah bagian tengah. Bagian tengah ini terdapat berbagai macam bagian seperti kamar kepala keluarga, pangkeng keputran atau kamar anak laki-laki, pangkeng kaputren atau kamar anak perempuan, ruang anak menantu, ruang keluarga, kamar pengantin. Biasanya, pada bagian tengah mempunyai sifat yakni privat, yang mana tidak semua orang bisa masuk ruang tersebut, hanya keluarga atau pun anggota dari rumah tersebut. Pada bagian selanjutnya adalah bagian belakang. Bagian belakang ini terdiri dari dapur, ruang pelimpahan, ruang hias, dan toilet. 

Keunikan Rumah Adat Palembang
Berbicara mengenai rumah adat palembang, pastinya mempunyai keunikan yang muncul. Keunikan ini terdapat pada bagian bangunan yang memiliki nilai dan simbol yang filosofis. Sebagai contohnya, pada bagian beranda atau teras terdapat pagar yang mana pagar tersebut mempunyai nilai atau makna yaitu anak atau gadis perempuan dari palembang harus tetap terjaga dari adanya lingkungan luar. Hal tersebut membuktikan bahwa seorang perempuang harus menjaga diri dan harkatnya. Untuk selanjutnya, lantai rumah pada rumah adat palembang terdapat beberapa tingkatan. Semakin tinggi lantai yang ada pada suatu rumah limas, maka kedudukan pemilik rumah biasanya pun juga semakin tinggi pula. Bila Anda teliti bahwa rumah adat palembang tersebut memiliki bangunan rumah yang menghadap ke bagian arah barat dan timur. Apa makna dari hal tersebut? Maknanya adalah orang palembang harus tetap mengingat tentang kehidupan yang hanya sementara. 

Struktur Bangunan Rumah Adat Palembang
Mengulas struktur bangunan rumah adat palembang, rumah adat tersebut berdiri dari adanya tiang-tiang yang besar. Mengenai tinggi tiang memang beragam, dimulai dari 0,5 hingga 3 meter. Hal tersebut didasarkan pada dimana tempatnya. Sebagai contohnya, bila rumah sering mengalami banjir atau tergenang air, jadi tiang yang ada pada rumah juga haruslah lebih tinggi. Untuk tiang pada rumah limas, biasanya mempunyai jumlah 32 buah dan dari kayu ulen. Selain itu, rumah adat palembang kerap ditemui dengan adanya ruang bawah rumah atau kolong. Fungsi dari ruang bawah rumah adalah sebagai tempat diamana para wanita sering melakukan kegiatan sehari-hari.
Berdasarkan pembahasan di atas mengenai rumah adat palembang yang biasanya disebut dengan rumah limas ini seperti manfaat, keunikan, dan struktur rumah adat palembang. Oleh karena itu, semoga hal ini memberikan tambahan ilmu khususnya untuk nama rumah adat palembang yang dinamakan rumah limas.