Mengenal Satwa-satwa Langka di Taman Gembira Loka Yogyakarta

Selain kawasan Malioboro, Anda harus mengunjungi Taman Gembira Loka Yogyakarta. Tempat ini bukan sekadar taman biasa, tetapi juga museum satwa atau museum zoologicum satu-satunya di Yogyakarta. Taman Gembira Loka atau Museum Gembira Loka merupakan salah satu museum tertua di provinsi tersebut setelah Museum Sonobudoyo. Lantas, apa saja hal yang bisa Anda dapatkan di museum satwa tersebut?

Sejarah Taman Gembira Loka

Pada tahun 1933, Sri Sultan Hamengkubuwono VIII mencetuskan ide untuk membangun kebun raya atau kebun rojo di Yogyakarta. Pembangunan tempat tersebut bertujuan sebagat tempat rekreasi bagi para rakyatnya. Sultan lantas meminta bantuan arsitek asal Austria, Kohler, untuk mewujudkan pemikirannya. Gagasan tadi lantas dilanjutkan pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan memakai bantuan Ir. Karsten.
Baru pada 10 November 1953, Sultan meresmikan kebun binatang tadi dan dikelola Sri Paduka Paku Alam VIII selaku ketua Yayasan Gembira Loka. Anda bisa mengunjungi Taman Gembira Loka yang berlokasi di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Malioboro, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 6 kilometer. Sedangkan dari terminal Giwangan, jarak yang harus Anda tempuh sekitar 4 kilometer.

Bertemu Komodo di Taman Gembira Loka

Ternyata, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Lombok untuk bertemu komodo. Kadal raksasa terbesar di dunia ini bisa Anda ditemui di Taman Gembira Loka. Kebun binantang ini juga dinilai telah berhasil menjadi tempat penangkaran komodo. Sehingga tempat ini diganjar penghargaan pada perhelatan Konferensi Komodo Dragon yang diadakan di Thoiry, Paris, pada tahun 1998. Anda juga bisa menikmati aktivitas komodo secara aman dan leluasa di Taman Gembira Loka Yogyakarta.

Selain komodo, Anda juga bisa menemui satwa-satwa lain di kebun binatang ini. Antara lain soa, katak, kura-kura, biawak, dan kaiman di Taman Reptil dan Amfibi. Ada juga harimau, monyet, unta, orang utan, zebra, rusa, dan beberapa jenis burung. Lingkungan di Taman Gembira Loka juga sangat sejuk, sebab dikelilingi pohon rindang dari kebun raya. Sehingga, Anda dan sekeluarga dapat jalan-jalan melihat satwa maupun berpiknik di sini.

Fasilitas lain yang bisa Anda peroleh di Taman Gembira Loka adalah stan atau kios yang menjajakan oleh-oleh. Untuk mengganjal perut, ada kios makanan dan minuman yang bisa ditemui di sekitar tempat parkir. Sementara itu, Anda juga bisa menikmati wahana yang tersedia di kebun binatang ini. Antara lain speedboat, ATV, perahu katamaran, hingga Transportasi Keliling (Taring). Bahkan ada laboratorium alam flora dan fauna yang dibangun pada tahun 2007 sebagai pusat pembelajaran.

Harga Tiket dan Akses ke Taman Gembira Loka

Untuk masuk ke Taman Gembira Loka Yogyakarta, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 20,000 (Senin – Jumat) dan Rp 25,000 (akhir pekan dan liburan). Kebun binatang ini buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Anda bisa menggunakan beragam macam transportasi untuk pergi ke tempat ini. Di antaranya mobil, taksi, bus kota, becak, bus Trans Jogja, atau andong.

Anda bisa memilih becak atau andong kalau ingin pergi sambil menikmati keindahan kota. Namun, Anda harus pastikan jaraknya tidak terlalu jauh dari Taman GembiraLoka. Pilih jalur 7 atau 9 kalau Anda ingin menggunakan bus. Sementara untuk bus Trans Jogya, pilih trayek 18 yang halte perhentiannya dekat dengan Taman Gembira Loka Yogyakarta. 


Taman Gembira Loka Yogyakarta

Taman Gembira Loka Yogyakarta

Taman Gembira Loka Yogyakarta

Taman Gembira Loka Yogyakarta

Taman Gembira Loka Yogyakarta