Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

Sejarah taman pintar yogyakarta mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Yogyakarta memang saat ini sudah sangat lengkap berbagai macam fasilitasnya terutama di bidang pariwisata. Walikota Yogyakarta yang memunculkan ide pembuatan taman pintar Yogyakarta kala itu adalah Bapak Herry Zudianto, SE, Akt, MM. Taman pintar saat ini sudah menjadi salah satu daya tarik yang ada di Yogyakarta yang membuat para wisatawan merasa belum lengkap rasanya jika pada saat berkunjung ke Yogyakarta tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Apalagi jika saat Anda berlibur ke Yogyakarta, Anda membawa serta anak-anak atau adik Anda. Maka taman pintar merupakan tempat yang sangat wajib untuk dikunjungi. 

Di taman pintar Anda tidak hanya dapat berwisata dan bermain saja, namun Anda juga bisa belajar ilmu pengetahuan dan teknologi. Mulai dari awal pintu masuk sampai ke dalam gedung-gedungnya terdapat berbagai macam tempat yang semuanya dimanfaatkan untuk media pembelajaran yang unik dan menarik yang didesain dengan sedemikian rupa sehingga membuat siapa saja merasa tertarik. Berbagai pelajaran di dalamnya cocok untuk anak-anak hingga usia sekolah menengah atas. Sekitar bulan Mei tahun 2006, Taman Pintar mulai dibangun dan kemudian diresmikan setahun kemudian. Semenjak itulah taman pintar mulai dikunjungi oleh berbagai kalangan dan terus beroperasi hingga saat ini. 

Lokasi Dan Fasilitas Di Taman Pintar Yogyakarta

Tidak hanya sejarah taman pintar yogyakarta saja yang perlu Anda ketahui tentang taman pintar Yogyakarta, namun Anda juga perlu mengetahui detail lebih jelasnya tentang lokasi dan fasilitas yang ada di Taman Pintar Yogyakarta. Untungnya lokasi taman pintar ini sangat mudah dan kebanyakan merupakan jalur yang selalu dilewati oleh turis. Karena lokasinya berada tidak jauh dari kawasan Malioboro yang merupakan pusat perbelanjaan yang selalu dikunjungi wisatawan atau turis yang datang ke Yogyakarta. Tepatnya taman pintar ini beralamat di Jalan Penembahan Senopati No.3, Yogyakarta. Sebelumnya lokasi tersebut merupakan lokasi shopping centre. Namun kemudian dengan adanya taman pintar maka lokasi shopping centre digeser ke sebelah utara dari taman ini. 

Taman Pintar Yogyakarta

TamanPintar Yogyakarta ini memiliki maskot berupa burung hantu yang memakai blangkon. Burung hantu merupakan hewan yang penuh dengan rasa ingin tahu dan pintar beradaptasi dengan lingkngan sekitarnya, hal ini sangat cocok dengan citra yang ingin ditampilkan taman pintar kemudian blangkon merupakan salah satu penutup kepala khas Yogyakarta. Di Taman pintar ini ada berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan. Di sana terdapat gedung memorabilia, gedung oval yang berada di lantai 1 dan 2, gedung kotak di lantai 2, gedung paud dan juga ada area playground. Di sana juga terdapat fasilitas pendukung seperti mushalla, laboratorium, toilet, toko souvenir, ruang pertunjukkan, toko buku dan lainnya. 

Akses Ke Taman Pintar Yogyakarta

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa Taman Pintar Yogyakarta ini cukup mudah untuk ditemukan karena dekat dengan malioboro. Maka dari itu ada berbagai macam jenis kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk sampai di Taman Pintar ini. Jika Anda dari bandara Adi Sucipto dan ingin langsung menuju Taman Pintar maka Anda bisa menggunakan bus Trans Jogja untuk menuju ke sana dan dalam waktu 30 menit saja maka Anda sudah bisa sampai di sana. Anda juga bisa memilih berbagai macam transportasi umum lainnya. Untuk masuk ke Taman Pintar Anda perlu membeli tiket masuk, setelah itu Anda bisa memasuki area playground dengan gratis. Jika Anda ingin masuk ke dalam gedung, maka Anda harus membayar tiket lagi yang harganya berbeda-beda setiap gedungnya. Begitulah sejarah taman pintar yogyakarta.