Mengenal Tentang Taman Cibodas Cipanas Cianjur

Taman cibodas cipanas cianjur benar-benar terkenal akan keindahannya yang begitu alami. Dr. F. W. Went juga pernah mengatakan bahwa taman cibodas cipanas cianjur bisa dikatakan sebagai salah satu surga yang ada di dunia karena benar-benar begitu indah pesonanya. Taman ini benar-benar hijau dan indah serta memiliki luas hingga 80 hektar. Anda akan merasa sangat puas saat berada di taman ini. Karena bisa sangat membantu untuk menyegarkan tubuh serta pikiran Anda sekaligus. Di taman cibodas cipanas cianjur keadaan tanahnya sedikit berbukit-bukit, sehingga memang ada banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berekreasi saat liburan. 

Apalagi kawasan Cianjur memang terkenal akan suhu udaranya yang sejuk. Maka dari itu tumbuhan di taman cibodas cipanas cianjur bisa tumbuh dengan indahnya berkat udara yang mendukung serta kesuburan tanah yang baik. Ada banyak sekali koleksi berbagai macam tumbuhan yang ada di taman cibodas cipanas cianjur, jumlahnya ribuan dan ada juga yang umurnya sudah sangat tua. Selain itu ada juga fasilitas rumah kaca yang sangat menarik untuk dikunjungi karena di dalamnya terdapat berbagai tumbuhan bunga yang beraneka ragam. Uniknya ada juga tanaman langka yang ada di taman cibodas cipanas cianjur. Anda pastinya akan merasa sangat terhibur saat melihat berbagai macam jenis bunga di taman cibodas cipanas cianjur. 

Sejarah Taman Cibodas Cipanas Cianjur

Taman ini didirikan pada tahun 1852 oleh seseorang bernama Johannes Elias Teijsmann, ia merupakan seorang ahli botani yang berasal dari negeri Belanda. Awalnya, di lokasi tempat taman cibodas cipanas cianjur itu akan dibuat perkebunan pohon kina, namun cuaca dan alam di sekitarnya ternyata tidak cocok untuk digunakan menanam pohon kina sehingga akhirnya rencana untuk membuat sebuah perkebunan kina itu harus batal. Pada hari itu hari dikirimnya bibit pohon kina yang didatangkan langsung dari Belanda sampai kini kemudian dijadikan sebagai hari jadi taman cibodas cipanas cianjur dan uniknya setiap tanggal itu Anda bisa menikmati taman cibodas cipanas cianjur ini dengan gratis tanpa perlu membayar sama sekali. Tepatnya hari jadinya yaitu pada tanggal 11 April. 

Di taman cibodas cipanas cianjur ini ada sekitar 5000 lebih jenis tanaman. Ada juga berbagai macam tempat rekreasi menarik seperti air terjun, kebun bunga sakura, hingga danau dan juga air mancur. Anda tentunya akan merasa sangat puas dengan berbagai macam tempat indah yang bisa Anda kunjungi di sana. Sebab taman ini masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang memang alamnya sangat indah dengan tanah yang bergelombang, maka bisa dikatakan bahwa taman cibodas cipanas cianjur ini sebagai gerbangnya kawasa taman nasional yang sangat dijaga kelestariannya. Maka dari itu saat berkunjung ke sana jangan sembarangan merusak tumbuhan dan alam sekitarnya, jagalah kebersihan dan jangan membuang sampah dengan sembarangan saat Anda berada di taman cibodas cipanas cianjur. 

Jalan Menuju Taman Cibodas Cipanas Cianjur

Bagaimana jika Anda ingin menuju taman cibodas cipanas cianjur? Untungnya daerah Cianjur tidak begitu jauh dari Jakarta. Jika Anda datang dari daerah ibu kota maka Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 85 km atau menghabiskan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Kebun raya jaraknya tidak begitu jauh dari taman cibodas cipanas cianjur hanya sekitar 4 km saja. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau dengan angkutan umum untuk bisa sampai ke sana. Sama sekali tidak susah menemukan lokasinya, karena tempat ini sudah sangat terkenal dan banyak orang yang tahu jalan menuju taman cibodas cipanas cianjur. 

Taman Cibodas Cipanas Cianjur

Taman Cibodas Cipanas Cianjur

Taman Cibodas Cipanas Cianjur

Taman Cibodas Cipanas Cianjur

Taman Cibodas Cipanas Cianjur