Mengenal PT. Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) Lebih Dekat

PT. Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Pembangunan Jaya Ancol. PT. Taman Impian Jaya Ancol mengelola kawasan pariwisata seperti rekreasi dan resor. Selain itu juga mengelola beberapa kegiatan penunjang lain seperti wisata belanja, konvensi dan entertainment.


Pengelolaan Kawasan Wisata

PT. Taman Impian Jaya Ancol mengelola beberapa kawasan pariwisata. Beberapa diantaranya yaitu :
  • Pantai dan Taman : Menawarkan liburan dengan suasana pantai yang segar. Pantai dan Taman sendiri memiliki 5 pantai yaitu pantai festival, Carnaval Beach Club, Pantai Elok, Indah dan Ria. Selain itu Pantai dan Taman juga memiliki danau impian.
  • Dunia Fantasi atau Dufan : Dufan adalah theme park pertama yang dikembangkan oleh ancol dan terbesar di Indonesia sebagai pusat hiburan outdoor. Dufan memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak tahun 2009.
  • Atlantis Water Adventure atau Atlantis : Atlantis adalah theme park yang kedua dikembangkan oleh Ancol. Atlantis memiliki 8 kolam utama hasil revitalisasi Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol.
  • Gelanggang Samudra : Gelanggang Samudra atau yang biasa disebut Samudra adalah theme park yang ketiga dikembangkan oleh Ancol. Samudra adalah edutainment theme park yang mengajak pengunjung mengenal lebih dekat tentang aneka satwa. Selain itu juga ada sinema 4D.
  • Sea World : Sea World merupakan akuarium di bawah air pertama serta satu-satunya yang ada di Indonesia. Sea World dikelola dengan menggunakan format BOT.
  • Putri Duyung Cottages : Putri Duyung Cottages merupakan penginapan yang ada di tepi pantai bergaya unik. Cottages ini memiliki 133 kamar.  Putri Duyung Cottages memiliki fasilitas seperti kolam renang, fasilitas olahraga, tenis meja, sepeda, lapangan tenis serta voli pantai. Arsitektur yang digunakan memadukan gaya indonesia timur dan posmo.
  • Padang Golf Ancol : Padang Golf ini memiliki nuansa pantai yang ada di pusat kawasan wisata. Padang Golf Ancol memiliki 18 hole, dan berlokasi sangat strategis.
  • Marina : Marina merupakan dermaga kapal pesiar pertama dan terlengkap yang ada di Indonesia. Marina memiliki gaya kosmopolitan dan di desain sebagai tempat berlabuh kapal pesiar dengan berbagai ukuran. Marina memiliki beberapa fasilitas seperti pompa bensin, marine band, dermaga bongkar muat, olahraga bahari serta agen perjalanan wisata.
  • Pasar Seni : Pasar seni adalah pusat kerajinan dan kegiatan seni. Pasar seni merupakan perwujudan dari kepedulian Ancol atas keberadaan para seniman yang berbakat. Pasar seni dilengkapi dengan toko cinderamata, Galeri pameran (north art space) serta plaza dan panggung pertunjukkan seni.
  • Pulau Bidadari : Pulau Bidadari berada di Kepulauan seribu dan dapat ditempuh selama 20 menit dari Marina. Pulau Bidadari memiliki 49 cottages, yang terdiri dari :
  1. 20 unit tipe family
  2. 3 unit tipe family suite
  3. 23 unit tipe deluxe
  4. 3 unit tipe suite
Selain itu Pulau Bidadari juga memiliki beberapa fasilitas seperti aula serbaguna, restoran, bar, sarana olahraga dan toko cinderamata. Hiburan lain yang ada di Pulau Bidadari yaitu berenang bersama dengan lumba-lumba.
  • Kereta Gantung / Gondola
Gondola adalah kereta gantung yang menghubungkan beberapa tempat wisata di kawasan Ancol. Ancol memiliki 37 unit gondola dengan kapasitas 6 orang per gondola. Gondola merupakan hasil kerjasama dengan PT. Karsa Surya Indonesia.
  • Bowling
Ada juga fasilitas olahraga owling yang sudah bertaraf internasional. Fasilitas bowling ini memiliki 60 lintasan.
  • Hotel and Convention Centre
Terdiri dari Putri Duyung Cottage, Mercure Convention Centre dan Hotel Raddin Ancol
  • Wisata Kuliner
  • Apartemen
Terdiri dari Ancol Mansion dan Mediterania Marina Ancol

Program Corporate Social Responsibility

PT. Taman Impian Jaya Ancol yang merupakan anak perusahaan dari PT. Pembangunan Jaya Ancol bersama-sama memiliki 5 program utama yaitu program pendidikan, program pengelolaan lingkungan, program sosial kemsyarakatan, kegiatan operasional dan program tanggap darurat

Penghargaan

Penghargaan yang telah diperoleh, beberapa diantaranya yaitu :
  1. The Value Creator Award 2005 as The Best Companies B (2005)
  2. Greening of Gardens and Office Buildings Awards (1993)
  3. PT. Pembanguan Jaya Ancol, Tbk mendapatkan Padmamitra Award (2014)
Pembangunan yang selalu berinovasi dan berkembang, strategi yang baik, serta penghargaan yang telah diperoleh membuktikan bahwa menjadi yang terbaik di bidangnya adalah tujuan dari PT. Taman Impian Jaya Ancol