Logo Taman Safari Indonesia

Logo Taman Safari Indonesia. Indonesia punya taman satwa yang dirancang menjadi tempat wisata dan rekreasi keluarga. Itulah Taman Safari Indonesia yang berada di Cibeureum Cisarua Bogor Jawa Barat.

Taman Safari Indonesia di Bogor ini bukan satu-satunya tempat wisata berwawasan lingkungan dengan habitata seperti di alam bebas. Di beberapa daerah Taman Safari Indonesia juga dibuka sebagai tempat wisata keluarga seperti Prigen, Bali, dan Batang.

Bentuk Logo Taman Safari Indonesia

Sebagai sebuah taman satwa alam liar layaknya taman satwa di Afrika, Taman Safari Indonesia menggunakan identitas tertentu agar dikenal luas yaitu logo. Logo yang digunakan Taman Safari Indonesia adalah gajah dan badak.
Mengapa Gajah dan Badak menjadi logo Taman Safari Indonesia? Sebenarnya dua hewan ini merupakan hewan yang pertama kali berhasil dikembangbiakkan oleh pihak Taman Safari Indonesia. Itulah sebabnya kedua hewan tersebut menjadi logo utama dari Taman Safari Indonesia.

Selain gajah dan badak, ada pula hewan lain yang berupaya dikembangbiakkan di taman satwa ini yaitu Harimau Sumatra. Hanya saja Harimau Sumatra bukan hewan pertama yang mampu dikembangbiakkan di Taman Safari Indonesia.

Nah, selain gambar gajah yang diberi warna hitam dengan taring putih dan badak berwarna putih dengan cula putih yang menjadi logo ada pula gambar lain yaitu lingkaran hijau dan lingkaran kuning yang digunakan sebagai logo keseluruhan Taman Safari Indonesia.

Dalam lingkaran logo juga terdapat tulisan dengan huruf kapital yaitu Taman Safari Indonesia berwarna merah di bagian atas dan tulisan Indonesia berwarna hitam di bagian bawah. Di beberapa Taman Safari Indonesia seperti Bogor, Prigen, dan Bali kata Indonesia diganti dengan nama daerah dimana Taman Safari Indonesia tersebut berada.
Logo Taman Safari IndonesiaMakna dan Filosofi Logo Taman Safari Indonesia

Seperti diulas di atas bahwa logo dari Taman Safari Indonesia itu sendiri berupa gambar berbentuk lingkaran yang di dalamnya terdapat satwa Gajah dan Badak yang diberi lingkaran hijau yang menjadi latar (background) satwa gajah dan badak dan lingkaran kuning yang menjadi latar tulisan Taman Safari Indonesia.

Satwa gajah dan badak merupakan hewan yang sukses dikembangbiakkan di taman satwa terbesar di Indonesia. Sementara lingkaran hijau mempunyai arti sebagai alam yang hijau dan asri. Alam hijau ini adalah habitat dan lingkungan tempat hidup dan berkembangbiak satwa-satwa. Sementara lingkaran kuning sebagai kehidupan di bawah sinar matahari. Lingkaran kuning ini menjadi simbol yang memiliki filosofi kehidupan dari alam untuk kelangsungan satwa dan alam sekitarnya.


Bentuk lingkaran pada logo tersebut melambangkan sebagai kedinamisan, kesempurnaan, dan keabadian. Meski di Taman Safari Indonesia terdiri dari beragam satwa baik satwa asli Indonesia maupun satwa dari belahan dunia lain, namun Gajah dan Badak adalah dua simbol awal di taman ini.

Lingkaran pada logo Taman Safari Indonesia tersebut juga menjadi simbol kesatuan alam. Bahwa satwa apa pun tak bisa dilepaskan dari habitata aslinya yang disimbolkan dengan warna hijau itu.

Logo sendiri punya makna yang penting bagi sebuah lembaga, organisasi maupun perusahaan. Bisa dikatakan bahwa logo merupakan bentuk gambar maupun sketsa yang punya makna tertentu. Logo dibuat dengan kreativitas dan imajinasi.

Logo pada Taman Safari Indonesia ini juga berfungsi sebagai refresentasi visi dan misi, image lembaga, branding lembaga dan memudahkan pengunjung (stakeholders) mengenali lembaga serta program lembaga. Itulah bentuk, makna, dan filosofi yang tergambar dari logo Taman Safari Indonesia.