Taman Kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung Sebagai Wisata Edukasi yang Indah dan Nyaman


Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang berada di daerah Cihanjung Cimahi Bandung, tepatnya berada di Jalan Cihanjuang KM 3,3 No. 58 Desa Cibaligom Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Rute untuk menuju taman kupu-kupu ini cukup mudah yaitu dari arah Bandung ambil arah ke Cimahi melewati Cimindi, kemudian sedikit naik dan menuju pertigaan Cihanjuang kemudian pilih belokan kanan. Kurang lebih 500m dari pertigaan tersebut kita sudah sampai ke Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung.

Harga Tiket dan Jam Buka Tutup Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung

Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung didirikan sejak tahun 2009. Taman kupu-kupu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan wisata edukasi, atau belajar sambil berlibur. Sekitar 45 species kupu-kupu dapat Anda temukan di Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung ini. Taman kupu-kupu ini memiliki luas 1,7 Ha. Anda dapat berwisata ke Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung setiap hari, karena memang taman ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai jam 17.00 WIB. Para pelajar beserta guru biasanya berkunjung di hari senin sampai jumat.

Koleksi Kupu-Kupu dan Fasilitas di Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung

Sekitar 45 species kupu-kupu dapat ditemukan di Sekitar 45 species kupu-kupu dapat Anda temukan di Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung ini, spesies tersebut antara lain adalah Attacus Atlas (sirama-rama), Helenus, Papilio Demolion dan masih banyak lagi. Indonesia termasuk negara kedua setelah negara Brazil yang memiliki kupu-kupu paling indah di dunia. 

Kurang lebih sekitar 300 kupu-kupu dari 45 jenis yang ditangkarkan dalam setiap harinya. Kupu-kupu tersebut berterbangan dalam sebuah taman yang dipagari dengan jaring, taman khusus tersebut memilki luas 1.800 meter persegi. Bukan hanya melihat saja, namun pengunjung juga diberikan penjelasan oleh permandu yang ikut menemani saat masuk ke taman khusus tersebut.

Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung akan lebih ramai pada hari-hari libur. Harga tiket untuk masuk cukup dengan Rp.10.000. Kegunaan tiket selain untuk masuk ke objek wisata juga dapat ditukar untuk peminjaman topi, topi tersebut digunakan untuk berkeliling di dalam taman tersebut. Bukan hanya peminjaman topi tetapi juga sudah termasuk welcome drink dengan menukarkan tiket.

Fasilitas yang disediakan di Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung adalah arena aiutbond untuk anak-anak dan remaja, beberapa outlet yang menyediakan souvenir kupu-kupu untuk buah tangan/oleh-oleh, tersedia tempat makan 9food court), rumah kaca, gazebo taman pinus untuk beristirahat dan yang pasti Anda dapat melihat dengan puas hewan-hewan yang cantik. 

Selain dapat digunakan sebagai tempat wisata edukasi ternyata baru-baru ini Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung dibuka untuk pasangan yang ingin melangsungkan acara pernikahan di sana, yakni di ruang serbagunanya.

Ruang parkir yang disediakan juga cukup luas, dapat menampung sekitar kurang lebih 300 kendaraan. Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung juga menyediakan gedung serbaguna yang dapat dimanfaatkan atau digunakan untuk pertemuan atau  untuk pembelajaran saat kunjungan di taman kupu-kupu tersebut.

Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung kupu-kupu terebut berterbangan di sekitarnya serta tahapan berbagai siklus hidup kupu-kupu. Bila beruntung Anda dapat menyaksikannya secara langsung, proses sederhana namun menakjubkan yaitu ketika kupu-kupu bebas dari kepompongnya, saat dimana proses akhir transformasi dari bentuk sebelumnya ke bentuk baru yang lebih indah dan anggun.

Nah, demikian beberapa informasi mengenai Taman kupu-kupu Cihanjuang Cimahi Bandung, semoga informasi tersebut dapat  bermanfaat bagi Anda yang khususnya sedang mencari lokasi wisata di daerah Bandung.