Menjajal Berbagai Wahana Menarik di Taman Impian Jaya Ancol

Rasanya tidak lengkap kalau belum datang ke Taman Impian Jaya Ancol Dufan saat berlibur di Jakarta. Selain dekat dengan pantai dan laut, Anda juga bisa menikmati banyak wahana menarik di tempat wisata tersebut. Pengunjungnya pun datang dari berbagai tempat. Mulai dari Jakarta, luar kota, luar pulau, atau luar negeri. Tidak heran kalau Taman Jaya Impian Ancol selalui dipenuhi banyak wisatawan sepanjang tahunnya. Apa saja yang membuat tempat ini menarik? Mari kita simak di bawah ini.

Wahana Menarik di Taman Impian Jaya Ancol

Taman wisata ini terletak di bagian utara Jakarta, tepatnya Jalan Pasir Putih Nomor 1, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Dengan luas area mencapai 552 hektar, Anda akan menemukan berbagai fasilitas dan wahana menarik di Taman Impian Jaya Ancol. Selain untuk rekreasi dan resor, objek wisata ini pun menunjang aspek lain seperti konvensi, hiburan, hingga perbelanjaan. Bagi Anda yang ingin berenang atau berjemur di Pantai Ancol, siapkan baju renang dan perlengkapan memadai.

Kawasan populer yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol adalah Dunia Fantasi. Disebut juga dengan Dufan, Anda bisa menemukan banyak wahana yang bisa memicu adrenalin. Kora-kora, Tornado, dan Histeria adalah beberapa contoh wahana yang patut Anda coba. Namun, jika Anda kurang suka tantangan, ada wahana Bianglala yang bisa dijajal. Di puncaknya, Anda dapat mengamati pemandangan Taman Impian Jaya Ancol yang memukau. 

Bermain Sambil Belajar di Taman Impian Jaya Ancol

Ocean Dream Samudra adalah salah satu wahana yang didesain untuk mempelajari bidang kelautan. Sesuai dengan Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim. Dalam wahana ini, Anda akan mendapat ilmu pengetahuan seputar sumber daya laut dan pemberdayaannya untuk masyarakat luas. Taman Impian Jaya Ancol Dufan juga menyediakan Sea World yang masih mengusung tema edukasi tentang kelautan. Di sini, Anda dapat mengenali binatang mamalia, reptil, serta hewan-hewan laut.

Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki theme park yang memukau. Di Atlantis Water Adventure, Anda dapat melakukan petualangan menakjubkan di air. Salah satu tema yang bisa Anda pilih adalah Crazy Highest Longest Slide. Sesuai dengan namanya, Anda akan melihat tabung terpanjang dan tertinggi di Indonesia. Tabung tersebut memiliki panjang 149 meter dan tinggi 122 meter. Anda yang bernyali besar tentunya harus mencoba wahana menarik tersebut.

Anda yang menyukai skateboard dan surfing harus menjajal Epic Cable Park. Di sana, Anda bahkan bisa mencoba wakeboarding, sebuah permainan yang menggabungkan skateboard dengan surfing. Taman Impian Jaya Ancol juga mempunyai Ecopark seluas 33,6 hektar. Sesuai dengan namanya, Anda akan belajar ilmu botani lewat ribuan pohon-pohon langka di tempat tersebut. 

Tiket dan Akses ke Taman Impian Jaya Ancol

Untuk menjajal semua wahana, Anda harus menyiapkan dana besar. Tarif masuk ke TamanImpian Jaya Ancol adalah Rp 20,000. Sedangkan untuk ke kawasan Dufan akan dikenakan biaya Rp 135,000 (weekday) dan Rp 239,000 (weekend) bagi rombongan umum. Rombongan pelajar akan dikenakan tarif lebih murah, yaitu Rp 130,000 (weekday) dan Rp 213,000 (weekend). Akses ke tempat ini pun terbilang mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau taksi. Anda juga bisa naik busway di koridor lima setelah turun di Stasiun Senin dan berhenti di Taman Impian Jaya Ancol Dufan.