Taman Wisata Mekarsari Bogor

Taman wisata Mekarsari Bogor bisa menjadi pilihan anda saat memutuskan untuk berlibur. Tempat wisata yang satu ini memang merupakan tempat wisata favorit dan menjadi salah satu pilihan utama saat berlibur di daerah bogor terutama bagi para pengunjung yang berasal dari kota-kota sekitar Bogor seperti Jakarta dan sekitarnya. . Terlebih lagi, ketika akhir pekan dan hari libu nasional ataupun libur panjang lainnya. Memang, Bogor atau kota hujan ini cocok untuk menghabiskan libur dan melepas penat dari bekerja karena tempatnya yang sejuk. Selain itu, taman wisata Mekarsari Bogor juga cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. 

Tempat rekreasi agrowisata 

Tempat wisata ini merupakan pilihan yang sempurna bagi anda yang ingin melepas penat sekaligus berekreasi bersama keluarga dan mengenal banyak varietas tumbuhan yang jarang terlihat bahkan yang langka seperti bunga bangkai. Karena tempat wisata yang  terletak di jalan Cileungsi Jonggol KM. 3 Bogor ini memiliki sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon diantaranya tanaman hias, tanaman rempah, tanaman biofrakma, tanaman sayur, tanaman industry dan tanaman pelindung. Selain itu, ada juga laboratorium untuk penyilangan tanaman. Tidak heran banyak sekali tanaman yang terdapat di tempat ini karena luas tempatnya sekitar 265 hektar. 

Berawal dari tempat konservasi tumbuhan 

Dulunya Taman Wisata Mekarsari Bogor ini merupakan tempat konservasi tumbuhan yang bernama Taman Buah Mekarsari dan di gagas oleh Ibu Tien Soeharto (Alm). Tempat tersebut mulai dibangun pada tahun 1990 dan resmi dibuka tahun 1995. Namun karena varietas tumbuhannya semakin bertambah dan beragam bukan hanya jenis buah-buahan saja namun juga jenis tanaman hias, dan lainnya maka pada tahun 2004 namanya diubah jadi Taman Wisata Mekarsari. 

Fasilitas wisata lainnya 

Selain ada banyak varietas tanaman, tempat wisata ini juga memiliki fasilitas wisata lainnya yang anda bisa nikmati. Diantaranya ada atraksi air berupa mini Aqua Boat, Water Boat, Floating Donat, Banana Boat, dan Giant Buble jadi bila anda ingin menikmati atraksi-atraksi air ini sebaiknya bersiap-siap untuk basah. Kemudian ada outbond yang bisa menjadi pilihan bagi anda yang menyukai aktivitas outbond sepeti panjat tebing, Flying Fox, dayung rakit dan halang rintang. Selain itu ada juga atraksi sepeda seperti sepeda tandem, sepeda tuk-tuk dan ATV. Selanjutnya ada area bermain Mono Rail, Aeroplane, Mini Gokart dan Fancy Train. Bila anda lebih suka menonton pertunjukan, di tempat ini tersedia dua  pertunjukan yang bisa anda nikmati, yaitu Pongo Show, sebuah pertunjukan komedi interaktif yang tampil dengan teknologi canggih. Pertunjukan ini ada setiap dua kali sehari pada hari senin-jumat dan empat kali pertunjukan pada hari sabtu dan minggu. Kemudian pertunjukan yang kedua ialah operet yang dikemas dalam sebuah karnaval dengan berbagai macam tema yang berbeda dan menunjukan kelucuan serta keriangan badut yang menari. 

Bagi anda yang mencari tempat penginapan, di taman wisata mekarsari bogor ini juga tersedia hotel dan penginapan yang memiliki konsep yang sangat menarik yaitu berupa rumah pohon dan bisa ditempati oleh empat orang sehingga cocok untuk anda dan keluarga beristirahat setelah berkeliling taman yang luas dan mencoba berbagai wahana permainan.

Selain menikmati berbagai fasilitas wisata anda juga bisa membeli bibit tanaman yangbisa didapatkan di Garden Center. Dengan begitu anda bisa menanamnya di halaman rumah anda. Itulah beberapa ulasan tentang taman wisata Mekarsari Bogor.