Wisata Alam Air Terjun Curug Batu Templek Pasir Impun Bandung

Batu templek pasir impun bandung merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kota Bandung persisnya terletak di Pasir Impun, Ujung Berung. Batu templek pasir impun bandung biasa disebut dengan air terjun batu templek atau curug batu templek.

Rute atau Jalur Menuju Batu Templek Pasir Impun Bandung

Untuk menuju ke batu templek pasir impun bandung cukup mudah. Perjalanan dari arah Terminal Cicaheum, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sampai Lapas Sukamiskin, Arcamanik, selanjutnya pilih jalan sebelah kiri menuju Jalan Pasir Impun (depan pangkalan ojek) sebrang Lapas Sukamiskin. Dari Jalan Pasir Impun ini, Anda hanya perlu berjalan terus ke atas mengikuti jalan tersebut yang berjarak sekitar kurang lebih 3 km.

Patokannya, Anda akan melewati area Alam Sentosa sejenis resort atau kampung adat, jalan terakhir yang akan dilewati adalah jalan Cisanggarung. Tidak jauh dari area tersebut batu templek pasir impun bandung sudah dekat. Daerah batu templek pasir impun bandung merupakan daerah penambangan batu, sehingga di sepanjang jalan Anda akan menemukan beberapa pengrajin atau kerajinan batu alam.

Deskripsi Wisata Alam Batu Templek Pasir Impun

Berbeda dengan wisata alam lain di daerah Bandung, batu templek pasir impun bandung menyuguhkan keunikan tersendiri, seperti fenomena menarik khas cekungan bandung yang dialiri air dan merupakan tempat wisata alam bebatuan di Bandung.Tinggi air terjun berkisar kurang lebih antara 10 hingga 15 meter, air yang mengalir bersumber dari sungai yang berada di atas bebatuan, aliran air tersebut turun dan terpecah menjadi 4 aliran. Di dasar air terjun tersebut terdapat semacam kolam yang menampung air terjun. Di dekat kolam tersebut terdapat beberapa batu-batuan yang tersusun secara baik, tentunya susunan alami dari sang Alam.

Batu-batuan yang menghiasi kolam tersebut biasanya digunakan wisatawan atau pengunjung untuk mengabadikan gambar (berfoto). Batu templek pasir impun bandung berada di ketinggian Pasir Impun Bandung. Daerah batu templek pasir impun bandung memiliki pemandangan khas bandung yaitu kehijauan dari ketinggian, di sepanjang jalan terdapat persawahan, perkebunan.

Keunikan Dari Batu Templek Pasir Impun Bandung

Batu templek pasir impun bandung menurut warga sekitar termasuk fenomena menarik khas Cekungan Bandung, dimana pada ketinggian tertentu air mengalir dari celah atau sela batuan beku (lava basalt). Hal tersebut merupakan akuifer batuan beku yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air penduduk dan digunakan untuk pengairan pertanian di daerah hilirnya.Batu Templek sendiri adalah jenis bebatuan metamorf yang terbentuk akibat perubahan tekanan dan suhu yang tinggi atau panas bumi. Templek atau lempeng disebut juga dengan Slate yang terbentuk dari batuan shale dan lempung. Karena batu-batu tersebut menyerupai lempengan tipis sehingga dinamakan batu lempeng atau templek.

Disarankan untuk jangan berkunjung di saat musim hujan, selain karena aliran air sangat deras juga air yang berada di kolam juga menjadi berwarna coklat keruh, sehingga keindahan yang ditampilkan pun menjadi kurang maksimal serta Anda jadi lebih mudah tergelincir karena bebatuan yang licin.
Tips dan Trik Jika Berkunjung Ke Batu Templek Pasir Impun Bandung
1. Menggunakan sepatu yang tidak licin dan memiliki daya cenkram yang baik, sehingga Anda tidak mudah terpleset atau tergelincir.
2. Disarankan untuk pergi bersama teman, saudara atau orang lain, agar Anda tidak sendirian.
3. Membawa makanan ringan atau bekal.
4. Untuk mendapatkan suasana yang sejuk, usahakan pergi saat masih pagi.
5. Berhati-hati saat perjalanan menuju batu templek pasir impun

Anda hobi bersepeda?..jika anda ke bandung tidak ada salahhnya mencoba track di Batu Templek Pasir Impun Bandung,





0 Response to "Wisata Alam Air Terjun Curug Batu Templek Pasir Impun Bandung"