Taman Pintar Yogyakarta, Laboratorium Bernuansa Rekreasi

Taman Pintar Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata sekaligus belajar bagi anak-anak yang telah disediakan oleh pemerintah Yogyakarta. Pembangunan Taman Pintar Yogyakarta ini bertujuan untuk mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi generasi muda agar lebih mencintai sains.

Taman Pintar Yogyakarta berada di sebelah timur Malioboro, jalanan terkenal dan ikon dari kota Yogyakarta. Tempat wisata ini dapat dinikmati oleh anak-anak, baik yang sudah sekolah maupun belum. Dapat dikatakan bahwa Taman Pintar Yogyakarta ini adalah laboraturium yang bernuansa rekreasi.

Taman Pintar Yogyakarta dulunya adalah bekas shopping centre yang kemudian direlokasi pada tahun 2004. Akhirnya Taman Pintar ini diremsikan oleh presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 16 Desember 2008. Lokasi Taman Pintar Yogyakarta ini sangat strategis karena dekat dengan benteng Vredeburg, Taman budaya serta Gedung agung. Di belakang Taman Pintar Yogyakarta terdapat beberapa ruko yang menjual buku-buku, baik fiksi maupun non fiksi. 

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta berlokasi persis di depan Bank Indonesia dan berjarak sekitar 200 meter dari perempatan jalan Malioboro. Alamat lengkap dari Taman Pintar Yogyakarta yaitu di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. 

Wahana Taman Pintar Yogyakarta

Wahana di Taman Pintar Yogyakarta terbagi di 3 gedung utama. Penjelasannya sebagai berikut :
· Gedung Kotak
Gedung kotak di Taman Pintar Yogyakarta memiliki 10 zona yaitu zona koleksi keris, zona batik, zona replika candi Borobudur, zona koleksi wayang, zona pengolahan minyak gas dan bumi, zona air bagi kehidupan, zona peraga turbulensi, zona planning city, zona pengolahan susu dan zona teknologi otomotif.
·  Gedung Oval
Gedung oval di Taman Pintar Yogyakarta ini memiliki 12 wahana yang bisa Anda dan keluarga nikmati, yaitu zona argo, genrator pedal, zona cuaca iklim dan gempa, zona kehidupan purba, TV trainer, zona nuklir, generator Van De Graaf, zona teknologi komunikasi, pojok kreasi asins, aquarium air tawar, ICT melihat bumi dan terowongan ilusi.
·   Gedung Memorabilia
Gedung memorabilia di Taman Pintar Yogyakarta ini memiliki 3 wahana yang berfokus pada mengenang sejarah jaman dahulu, seperti tokoh-tokoh pendidikan, sejarah kasultanan keraton dan kepustakaan kepresidenan.

Jam Buka dan Harga Tiket Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta buka mulai dari hari Selasa hingga Minggu. Hari senin libur, kecuali jika bertepatan dengan hari libur nasional. Taman Pintar Yogyakarta buka mulai pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB. 

Harga tiket masuk ke Taman Pintar Yogyakarta sebesar Rp 10.000 per orang (anak-anak) dan Rp. 18.000 per orang (dewasa). Tiket tersebut tidak termasuk tiket untuk menikmati wahana-wahana yang ada di dalam Taman Pintar Yogyakarta

Berikut ini akan ditampilkan harga tiket berbagai macam wahana di TamanPintar Yogyakarta :
·   Gedung PAUD        Rp. 3.000 (Anak usia 2-7 tahun)
·   Planetarium            Rp 15.000   
·    Theater 3D :
Dewasa/umum        Rp. 20.000/ orang
Pelajar                   Rp. 15.000
Rombongan            Rp. 15.000 (Minimal 20 orang)
·         Wahana Bahari        Rp. 4.000/orang
·         Program Kreativitas :
Kreasi Gerabah        Rp. 10.000/orang
Lukis Gerabah            Rp. 13.000/orang
Membatik                 Rp. 13.000/orang
Lukis Kaos                 Rp 35.000/orang
Hand On Science        Rp. 10.000/orang
Pelatihan Robotik        Rp. 50.000/orang
Kontes Roket Air        Rp. 50.000/tim
Presenter TV              Rp. 15.000/orang
Kontes Robotik          Rp. 50.000/tim    

Demikian info mengenai wisata yang bisa Anda dan keluarga kunjungi ketika berlibur di Yogyakarta yaitu Taman Pintar Yogyakarta






0 Response to "Taman Pintar Yogyakarta, Laboratorium Bernuansa Rekreasi"