Pengaplikasian Batu Palimanan Kuning

Batu palimanan kuning merupakan salah satu jenis dari batu palimanan yang berasal dari Cirebon.Batu palimanan kuning adalah batuan alami yang tercipta dari endapan berjuta tahun lamanya. Sehingga di dalam batuan ini terdapat banyak unsur hara. Batu palimanan berwarna kuning dengan ciri khas warnanya yang kuning keemasan. Namun sebenarnya warna dasar batu ini adalah cream yang didominasi dengan warna kuning. Memiliki karakteristik urat batu yang kasar dan hitam kecoklatan  Trend menggunakan bahan bangunan  dari batuan alami juga ikut membuat batu ini dilirik oleh para desainer ruangan. Batu palimanan kuning memang memiliki keindahan dan dapat memberikan aksen tersendiri pada sebuah bangunan. Tekstur batu palimanan kuning ini sendiri berupa pori batuan yang tidak padat dan memiliki tingkat density yang tidak keras.

Kunggulan menggunakan batu palimanan kuning

Batu palimanan cukup populer sebagai aksen interior sebuah bangunan. Namun karena arakteristik batu palimanan kuning ini mudah kotor dan berlumut sehingga tidak disarankan untuk penggunaan di luar ruangan, seperti pada bagian pagar. Namun sebagai unsur interior batu palimanan kuning akan memberikan efek cerah dan menyejukkan. Cocok untuk pemasangan di ruang tamu atau ruang makan. Karenanya beberapa restoran juga memasang batu palimanan kuning ini sebagai lapisan dindingnya. Karena selain memberikan hawa yang sejuk juga membuat suasan ruangan tidak suram.Beberapa hotel mewah di Bali juga banyak yang menggunakan batu palimanan kuning ini sebagai lapisan dindingnya. Kesan etnik yang ditampilkan sangat mendukung konsep hotel yang ingin menonjolkan tampilan alami tanpa meningglkan efek mewah dan elegan. Jika ingin menampilkan kesan klasik namun tetap mewah, maka batu palimanan kuning cocok bagi lapisan dinding atau lapisan lantainya. Untuk ukuran batu palimanan kuning ini yang biasanya dipakai adalah 60 x 60 cm, namun tentu saja ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan lokasi dan fungsinya.Kelebihan lainnya dari batu palimanan kuning ini adalah bagian finishingnya yang bisa dibentuk sesuai selera. Ada finishing rata mesin, kulit jeruk (bushhammered), rata kulit (face rock) dan dihaluskan (honed). Tentu finishing ini juga harus memperhatikan fungsi dari bangunan atau ruang tersebut.

Pengaplikasian batu palimanan kuning

Jika berniat menggunakan batu palimanan kuning sebagai salah satu aksen bangunan, maka batu ini sangat cocok digunakan pada area lantai atau dinding ruang tamu, ruang makan atau teras. Bisa juga digunakan untuk grill atau copping kolam renang, bagian bawah kaki meja, rumah lampu, water tub, dan pedestal. Yang perlu dicatat ketika digunakan di area luar ruangan, batu palimanan harus lebih sering dirawat dan dibersihkan.

Batu palimanan kuning ini juga banyak dipakai pada rumah bergaya minimalis. Rumah gaya minimalis merupakan rumah yang tidak terlalu luas sehingga perlu menyiasati beberapa hal agar ruangannya tetap terlihat lapang. Bagi penggemar suasana alami dan etnik maka batu palimanan kuning sangat pas disandingkan dengan konsep rumah minimalis. Batu palimanan kuning akan memberikan kesan ruang yang lapang dengan efek cerahnya. Selain itu, jika dipasang sebagai pelapis dinding dengan formasi atau gaya random akan memberikan sentuhan artistik bagi ruangan tanpa harus ditambahi dengan furniture atau hiasan lain. Sehingga ruang tidak akan terasa penuh. Rumah yang berlokasi di daerah perkotaan dengan iklim yang panas juga cocok menggunakan batu ini sebagai lapisan dindingn atau lantainya. Hal tersebut karena ada efek dingin yang ditimbulkan oleh batu palimanan kuning.

Mari kita tengok wujud dari batu palimanan kuning ini dan contoh lokasi pemasangannya,







0 Response to "Pengaplikasian Batu Palimanan Kuning"