Pemasangan Batu Koral Putih Sebagai Koral Hias

Batu koral putih termasuk salah satu jenis batu hias yang biasanya diterapkan di taman ataupun kolam buatan di depan rumah. Seperti halnya jenis batu koral, bebatuan ini bisa disusun layaknya mozaik di lantai rumah berperan untuk mencegah lantai terlalu licin. Di samping itu, kegunaan dari batu koral juga bisa meningkatkan keindahan pada lantai rumah, baik di luar maupun di dalam rumah. Jenis batu koral hiasan biasanya dinamakan pebbles dengan aneka macam bentuk. Mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar, bertekstur halus sampai bertekstur kasar, hingga berwarna warni. Semua jenis batu koral termasuk batu koral yang berwarna putih  ini memang begitu menarik jika digunakan untuk dijadikan elemen rumah.

Penggunaan Batu Koral Hias

Penggunaan atau perlakuan koral hias seperti batu koral putih sendiri biasanya dibagi ke dalam 2 kelompok, yang biasanya diterapkan untuk di rumah-rumah. Penggunaan pertama biasanya di tebar maupun di tabur. Dengan begitu koral jenis hias ini cuma ditebarkan atau ditaburkan di tempat yang telah di buat lebih spesial. Di mana sering kali ditebar pada taman berbentuk tebaran berdasarkan keinginan. Akan tetapi, saat ini jenis koral hias tersebut bisa ditaburkan pada lantai yang ada di dalam rumah,  digunakan sebagai elemen interior. Di samping itu, batu koral berwarna putih sebagai batu koral hias biasanya digunakan sebagai pembagi ruangan ataupun aksen yang diletakkan pada lubang tanpa keramik.

Pada poin ke dua sendiri, batu koral ini biasanya ditempel. Jadi tak jarang biasanya dinamakan sebagai koral sikat atau koral tempel. Adapun cara membuatnya adalah dengan cara ditempelkan dalam adukan semen, kemudian sesudah kering sedikit disikat memakai sikat baja supaya sisa-sisa dari semen tidak menutupi bagian permukaan pada koral itu sendiri. Adapun koral sikat sendiri biasanya telah menyatu bersama adukan semen tersebut sehingga dapat digunakan sebagai teras, lantai carport hingga dinding rumah.

Cara Pemasangan Batu Koral

Batu koral putih sendiri sebenarnya bisa dipadukan dengan batu koral warna-warna lainnya agar lebih terlihat indah dan juga menarik. Nah, untuk Anda yang ingin memasang batu koral untuk hiasan di rumah, bisa mengikuti tips-tips pemasangan untuk batu koral di bawah ini :
1.  Siapkan Lahan Batu Koral
Hal pertama untuk memasang batu koral adalah dengan meletakkan keramik di tempatnya serta di atur ukuran ketinggiannya terlebih dulu. Kemudian berikan pembatas di bagian menurun agar bisa menahan adukan pada semen. Adapun pembatas tersebut dapat dibuat memakai batang kayu maupun yang lainnya.
2.  Tambah Adukan Semen di Bagian Pemasangan Batu Koral
Langkah kedua adalah dengan membubuhkan adukan semen di bagian atau tempat untuk Anda pasang batu koral. Lalu ratakan adukan hingga sejajar pada permukaan keramik.
3.  Tempatkan Batu Koral
Berikutnya adalah dengan menempatkan batu koral sesuai posisinya. Dalam hal ini Anda bisa memakai 2 warna pada batu koral berbeda supaya lebih menarik serta disusun memakai pola dibagian keramik diagonal, lalu sisanya bisa ditempatkan acak. Anda bisa menggunakan koral putih dan koral hitam atau sesuai selera.
4.  Ratakan Dengan Di Tekan
Sesudah batu-batu koral tadi disusun secara merata sesuai keinginan selanjutnya ratakan dengan diketuk atau ditekan memakai papan atau kayu supaya posisi pada batu masuk pada adukan semen dengan merata.
5.  Beri Adukan Semen Untuk Menutupi
Jika sudah ditekan, berikutnya tambahkan adukan semen lagi agar menutupi setiap rongga yang terdapat di antara bebatuan koral tadi.
6.  Buang Kelebihan Pada Adukan Semen
Jika adukan semen sendiri terlalu berlebihan, sebaiknya buang kelebihan adukan pada semen tersebut memakai papan kayu agar batu koralnya pun kelihatan.
7.  Taburkan Dengan Semen Kering
Agar adukan seman yang basah lebih mudah kering, sebaiknya taburkan adukan semen kering tepat di atasnya lalu ratakan. Adapun semen kering di sini bertujuan agar ikatan antara batu koral semakin kuat dan tak mudah terlepas.
8.  Bersihkan Permukaan Pada Batu Koral
Langkah terakhir adalah dengan memakai kain lap supaya sisa-sisa dari kelebihan semen pun terangkat serta batunya pun terlihat kembali. Jika sudah, Anda pun bisa melihat hasil akhir yang menarik dari hiasan batu koral putih ini.

Mari kita lihat wujud fisik batu koral putih dan bagaimana pemanfaatannya,







0 Response to "Pemasangan Batu Koral Putih Sebagai Koral Hias"