Mengaplikasikan Batu Koral Hitam

Batu koral hitam menjadi salah satu idaman masyarakat yang ingin tampilan rumahnya lebih alami dan dekat dengan nuansa alam. Batu koral sendiri memang menjadi batu alam dengan bentuk mirip koral dan kerikil sekaligus memiliki beragam pilihan warna maupun ukuran. Batu koral juga sangat cantik ketika dipasang dan dikombinasikan jenis batu alam yang lain. Misalnya saja seperti batu andesit ataupun batu candi hingga batu palimanan. Sebenarnya batu koral bukan hanya berwarna hitam, namun ada pilihan warna lainnya yang juga biasa dipilih seperti hijau, merah, abu-abu, krem, putih hingga merah muda.

Batu koral dengan warna hitam menjadi primadona untuk di aplikasikan dalam berbagai area layaknya villa, rumah, hotel, garasi serta tempat-tempat lainnya. Hal ini dikarenakan batu koral dinilai cenderung lebih pas jika dipasangkan ke lantai. Adapun beberapa tahapan memasang batu koral antara lain seperti yang ada di bawah ini.

Persiapan Desain dan Media

Hal pertama yang harus disiapkan adalah media yang hendak dipasang atau ditaburi batu koral. Media ini bisa berupa lantai rumah yang sebaiknya sudah dilapisi semen atau beton. Usahakan permukaan media memiliki tekstur yang kasar sehingga pasangan koral benar-benar melekat di lantai. Tidak mudah lepas. Siapkan juga desain koral di lantai garasi yang akan Anda gunakan, sehingga pemasangan batu koral ini Anda tidak meraba-raba menampilkan desainnya. Untuk memberikan hasil maksimal tentunya.

Persiapkan pembatas atau cetakan

Kemudian siapkan pembatas atau cetakan, gunanya agar motif batu koral sesuai permukaan lantai. Untuk pilihan pembatas atau cetakan diolesi dengan oli terlebih dahulu agar tidak lengket saat digunakan. Agar cetakan lebih mudah pula dilepaskan pada saat sudah kering.

Persiapkan adukan semen

Adukan semen memiliki takaran untuk pemasangan batu koral adalah 1:1 agar batu koral benar-benar melekat ke lantai.

Memasukkan adukan 

Setelah adukan semen siap, Anda bisa memasukkan adukan semen ke dalam cetakan hingga padat serta rata, usahakan bahwa tidak ada rongga di bagian dalam adukan semen yang hendak ditaburi dengan batu koral untuk mendapatkan hasil secara maksimal.

Penataan koral

Taburi batu koral di atas adukan semen yang sebelumnya telah dipadatkan, selanjutnya tata batu koral sesuai dengan desain motif yang Anda inginkan. Tentu saja desain pilihan juga sudah dipersiapkan ketika Anda belum memulai memasang batu koral. Saat taburan batu koral sudah merata ke atas adukan semen, tekan permukaan koral secara merata serta bersamaan menggunakan papan kayu, triplek maupun plat adukan semen.

Tunggu hingga kering

Setelah batu koral hitam disusun sedemikian merata serta setengah kering, selanjutnya sikat permukaan koral menggunakan sikat kawat. Usahakan untuk menggunakan sikat kawat berbahan kuning sehingga lebih halus sekaligus tidak merusak tekstur rapi batu koral.

Lakukan finishing

Setelah seluruh permukaan batu koral yang sudah setengah kering selesai disikat semua, kemudian Anda bisa membersihkan permukaan batu koral menggunakan kain setengah basah sehingga sisa adukan halus yang masih tertempel di koral bisa dilepas sekaligus menjadikan batu koral lebih terlihat jelas.

Coating

Untuk memberikan sentuhan maksimal boleh Anda lapisi permukaan batu koral dengan bahan pelapis, ini juga menghindari lumut sehingga batu koral selalu terlihat segar dan basah.Lebih baik ketika batu koral dipasang di luar ruangan jangan menggunakan tambahan coating. Tidak ada bahan yang mampu bertahan saat tersorot sinar matahari dalam waktu lama. Begitu juga dengan coating, sehingga lambat laun mengakibatkan batu koral hitam pasangan menjadi kusam dan mengelupas.

Mari kita lihat penampakan dari batu koral dan pemanfatannya,




0 Response to "Mengaplikasikan Batu Koral Hitam"