Karakteristik Dan Pengaplikasian Batu Paras Jogja Putih

Batu paras jogja putih adalah batu alam yang digemari sebagai lapisan dinding bangunan, khususnya pada dinding rumah. Batu paras jogja ini berasal dari peristiwa alam yaitu sedimentasi/endapan pasir atau lapisan tanah dan zat-zat kimia yang hanyut oleh air selama bertahun-tahun. Batuan ini juga temasuk dalam jenis sandstone. Disebut paras jogja karena batu ini banyak terdapat di daerah Wonosari, Jogjakarta. Batu paras jogja ini selain memiliki jenis berwarna putih juga ada pula yang berwarna cream. Meskipun yang berwarna putih lebih banyak disukai karena mirip dengan warna salju.

Karakteristik batu paras jogja putih

Seperti halnya jenis sandstone lainnya, batu paras jogja ini juga memiliki kandungan kapur. Teksturnya sendiri lembut dengan permukaan yang berpori, namun alur batu ini cukup kasar. Dengan tekstur dan kontur yang lembut, batu paras jogja ini menjadi favorit bagi para pemahat karena lebih mudah untuk dibentuk. Namun hal ini sekaligus menjadi kelemahan batu ini karena kekuatannya atau daya bebannya lebih lemah daripada batu lainnya.

Meskipun dari warna batu paras jogja putih ini sangat diakui keindahannya. Selain memberikan kesan alami, juga membuat bangunan terlihat menarik dan lebih bersih. Warnanya yang cerah, baik itu warna putih atau cream, memberikan kesan luas, dingin dan nyaman. Desain yang ingin diciptakan dari batu ini juga bisa sesuai selera, karena batu ini mudah dipotong dan dibentuk dalam ukuran berapapun. Bentuk dari batu paras jogja putih ini ada 2 macam yaitu bentuk rata alam dan bentuk rata mesin. Pengaplikasian bentuk batu ini juga tinggal disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Aplikasi batu paras jogja putih

Sebenarnya batu paras jogja putih bisa diaplikasikan untuk rumah jenis apapun karena memiliki warna yang netral dan mudah dibentuk. Namun kebanyakan orang memasang batu ini untuk menciptakan suasana rumah yang terlihat teduh, dekat dengan alam namun tetap berkesan modern. Untuk pemasangannya pun bisa di bagian interior ataupun eksterior. Tapi lebih indah lagi jika batu paras jogja putih disandingkan dengan area taman, kesan asri dan naturalnya pasti akan lebih menyatu.

Untuk formasi pemasangan sendiri bebas, seperti yang disebutkan tadi bahwa batu paras jogja putih sangat mudah dibentuk menjadi model apa saja, namun formasi pemasangan yang biasa digunakan adalah :
 Formasi pemasangan random/acak
 Formasi pemasangan susun sirih
 Formasi pemasangan susun bata
 Formasi pemasangan susun kue lapis
 Formasi pemasangan maju mundur
 Formasi pemasangan vertikal/berdiri

Tentu formasi pemasangan ini disesuaikan dengan luas bidang dan kesan apa yang ingin diperoleh. Warna putihnya yang menyerupai salju juga memberikan nilai tambah tersendiri bagi batuan alam ini. Sangat cocok jika diaplikasikan pada lapisan lantai. Selain itu lapisan dari batu paras jogja putih juga bisa digunakan pada area kamar mandi, kolam hias dan pilar-pilar rumah. Namun sebisa mungkin jangan memasang batu paras jogja putih di area yang mudah atau sering kali terkena kotoran karena warnanya bisa cepat kusam.

Untuk perawatannya sendiri, batu paras jogja putih ini cukup mudah dibersihkan. Yang terpenting ketika ada kotoran atau noda yang menempel harus segera dibersihkan agar kotoran atau noda itu tidak meresap ke dalam pori-pori batu. Jika digunakan sebagai lapisan lantai ada baiknya untuk menyiapkan keset di depan pintu rumah. Sehingga orang yang datang bisa membersihkan sepatunya dulu dari kerikil atau benda –benda lain yang beresiko meninggalkan baret pada permukaan batu paras jogja putih.

Mari kita lihat kreasi apa yang bisa kita ciptakan dengan Batu Paras Jogja Putih ini di rumah kita,







0 Response to "Karakteristik Dan Pengaplikasian Batu Paras Jogja Putih"