Dinding beton Precast Concrete atau Beton Pracetak

Dinding beton precast merupakan dinding yang terbuat dari elemen struktur atau komponen yang tidak dicetak atau di-cor di tempat dimana elemen tersebut dipasang, melainkan melakukan proses cetak dan perawatan di tempat lain (pabrik pracetak) dengan metode yang sudah ditentukan. Setelah elemen tersebut jadi, barulah beton pracetak tersebut dibawa ke lokasi pemasangan untuk disusun sesuai fungsinya.

Dinding beton precast saat ini mulai digunakan atau dipakai untuk gedung-gedung modern. Dalam perkembangannya dinding beton precast mulai menggantikan posisi dinding yang menggunakan batu-bata. Kenapa dinding beton precast lebih diminati? Mari kita simak pembahasan lebih lanjut mengenai dinding beton precast sebagai berikut,

Proses Produksi Dinding Beton Precast

1. Persiapan awal adalah dengan membuat cetakan atau biasa disebut molding. Ukuran yang dibuat sesuai permintaan atau sesuai desain yang direncanakan.
2. Proses kedua adalah dengan memasang reber, penggunaan reber umumnya adalah untuk panel dinding, biasanya menggunakan wiremesh. Ukuran wiremesh dihitung berdasarkan beban desain yang digunakan.
3. Proses ketiga adalah pemasangan bracket embedded pada bagian tertentu yang nantinya akan digunakan sebagai pengait ke struktur.
4. Proses keempat, saat pengecoran molding atau cetakan digunakan atau diberikan getaran atau fibrasi yang berfungsi agar beton dapat tercor dengan sempurna, tidak berlubang dan rapat sempurna.

Keunggulan Menggunakan Dinding Beton Precast

Berikut beberapa keunggulan menggunakan dinding beton precast disbanding dengan menggunakan dinding batu-bata :
1. Pelaksanaan proyek menjadi lebih cepat, karena produksi beton pracetak atau dinding beton precast bisa dilakukan bersamaan saat pengerjaan pondasi. Pekerjaan overlapping tersebut akan lebih menghemat waktu, sehingga lebih efisien dalam pelaksanaan proyek, terutama proyek pembangunan gedung-gedung bertingkat.
2. Penggunaan atau pemakaian begesting lebih sedikit.
3. Mutu dinding beton precast lebih terjamin, karena dinding beton precast dibuat dengan metode yang baik dan benar oleh pabrik pembuat beton pracetak.
4. Karena pemakaian dinding beton precast sehingga cuaca apapun tidak akan berpengaruh untuk pelaksanaan proyek.
5. Dinding beton precast mereduksi biaya konstruksi.
6. Proyek menggunakan dinding beton precast, jadi lebih ramah lingkungan karena tidak banyak sisa-sisa beton, begesting.

Beberapa kelebihan menggunakan dinding beton precast di atas semoga pertimbangan Anda sebelum memutuskan mengguakannya dalam proyek pembangunan. Selanjunya akan dibahas juga mengenai beberapa kekurangan menggunakan dinding beton precast di bawah ini.

Kekurangan Menggunakan Dinding Beton Precast

Selain memiliki kelebihan tentunya dinding beton precast juga memiliki kekurangan, berikut beberapa kekurangan penggunaan dinding beton precast, yang akan kami jelaskan sebagai pertimbangan bagi Anda.
1. Pada saat proses pemasangan dinding beton precast dibutuhkan peralatan yang memiliki kapasitas besar, pada saat proses pemasangan atau pelaksanaan erection.
2. Biaya tembahan, digunakan untuk transportasi, karena dinding beton precast dicetak di pabrik sehingga untuk menuju lokasi proyek dibutuhkan biaya transportasinya.
3. Pelaksanaan curing atau perawatan dinding beton precast membutuhkan area stok yang luas.
4. Untuk pelaksanaan produksi dinding beton precast juga membutuhkan area yang luas.
5. kemungkinan akan muncul tambahan biaya atau permasalahan teknis dalam proses pelaksanaan pemasangan dinding beton precast, terutama pada sambungan-sambungannya.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan dinding beton precast, tentu Anda memiliki pertimbangan sendiri untuk menggunakannya atau tidak dalam proyek pembangunan. Semoga beberapa informasi di atas mengenai dinding beton precast dapat bermanfaat bagi Anda para pembaca.

Berikut adalah wujud fisik dari dinding beton precast,






0 Response to "Dinding beton Precast Concrete atau Beton Pracetak"