Batu Marmer Dan 10 Manfaatnya

Manfaat batu marmer cukup banyak didapatkan terutama jika digunakan dalam rumah atau gedung perkantoran. Marmer merupakan batuan metamorf yaitu batuan yang terbentuk setelah terjadinya proses metamorfisme batu-batuan sebelumnya, hal tersebut terjadi karena perubahan tekanan dan temperatur. Batu marmer terbentuk ketika batu gampung mendapat panas dan tekanan, hal tersebut menjadikannya mengalami perubahan dan rekristalisasi kalsit. Batu marmer memiliki banyak jenis atau sangat beragam, berdasarkan tekstur kekerasannya, warna dasarnya, serta warna urat atau guratnya.

Beberapa daerah di Indonesia penghasil batu marmer yaitu Bandung, Lampung, Tulungagung, Poso, Ujung Pandang. Daerah penghasil batu marmer terbesar yaitu di daerah Tulungagung, Jawa Timur, tepatnya berada di Kecamatan Campurdarat.

Kegunaan Batu Marmer

Selain untuk membuat patung, memperindah bangunan, ternyata batu marmer juga dapat digunakan sebagai berikut :
1. Meja
2. Perabotan rumah
3. Lantai rumah atau kantor
4. Lantai kamar mandi
5. Jendela
6. Tempat perapian
7. Bahan baku pembuatan papan nama, prasasti, vandel dan trophy atau piala yang kemudian dinamakan dengan piala marmer.

Manfaat Batu Marmer

Manfaat batu marmer hampir sama dengan kegunaan batu marmer itu sendiri, yakni :
1. Manfaat batu marmer untuk menambah kesan mewah pada perabotan rumah atau pada rumah itu sendiri.
2. Jika digunakan pada bangunan rumah atau gedung perkantoran, manfaat batu marmer yaitu lebih awet atau tahan lama sehingga tidak mudah rusak, batu marmer lebih tahan panas dibandingkan batu alam lainnya dan tahan api sehingga resiko terjadinya kebakaran hanya sedikit.
3. Penggunaan batu marmer sebagai bahan dasar arsitektur dan memiliki manfaat menambahkan nilai keanggunan dan kecantikan. Penggunaan batu marmer juga lebih memudahkan kita untuk membersihkannya karena tampilannya yang mengkilat.
4. Manfaat batu marmer sebagai pupuk untuk lahan pertanian. Batu marmer yang sudah dipanaskan ternyata dapat menghilangkan karbondioksida di dalam kalsit, sehingga yang tersisa hanyalah zat kapur. Kapur tersebutlah yang dimanfaatkan sebagai pupuk, yang bermanfaat mengurangi keasaman dalam tanah.
5. Manfaat batu marmer sebagai pewarna. Warna putih yang dimiliki batu marmer terkadang digunakan untuk menghasilkan produk yang dikenal dengan nama kapur sirih. Kapur sirih tersebut merupakan serbuk putih yang digunakan sebagai pengisi dalam cat, kertas serta produk lainnya.
6. Batu marmer dapat bermanfaat untuk menetralkan keasaman. Batu marmer yang mencapai kemurnia tertinggi, akan menyebabkannya mudah hancur dan menjadi bubuk. Bubuk inilah yang kemudian digunakan untuk menetralkan kadar asam sungai, kadar asam tanah dan menetralkan asam dalam industri kimia.
7. Batu marmer dapat digunakan sebagai batu nisan, tekstur batu ini memudahkan proses pemotongan dan pengukiran dibandingkan dengan jenis batu alam lainnya.
8. Manfaat batu marmer untuk tambahan kalsium dalam makanan hewan-hewan ternak.
Kalsium tersebut didapatkan dari kapur bubuk dari marmer, yang kemudian dijadikan tambahan kalsium atau suplemen untuk hewan ternak.
9. Batu marmer bermanfaat sebagai bahan dasar pembersih rumah.
10. Sebagai alat atau metode dalam menyembuhkan beberapa penyakit atau disebut terapi batu marmer. Manfaat batu marmer dalam terapi ialah sebagai dekongestan yang kuat, yang berfungsi untuk membantu melancarkan aliran dalam darah dan membantu mempercepat atau meredakan pembengkakan. Serbuk dari batu marmer yang sudah mencapai kemurnian tertinggi juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan, yang diakibatkan oleh kelebihan asam lambung.

Demikian beberapa informasi mengenai batu marmer mulai dari kegunaannya hingga manfaat yang dimilikinya. Semoga dari artikel di atas Anda dapat memaksimalkan manfaat batu marmer tersebut.

Berikut adalah salah satu tampilan marmer yang dimanfaatkan di lantai gedung perkantoran dan kerajinan dari marmer,




0 Response to "Batu Marmer Dan 10 Manfaatnya"