Kelebihan Batu Alam Andesit Polos

Batu alam andesit polos sedang naik daun di tahun 2015 hingga tahun ini. Batu yang berasal dari lava gunung api yang membeku ini dikenal juga dengan sebutan lava stone. Sedangkan, masyarakat kita mengenalnya dengan nama batu abu towo. Jenis batu andesit ini memiliki ciri yang hampir sama dengan batu andesit lainnya, yaitu keras, padat, dan berwarna abu-abu.

Secara umum batu andesit dibedakan menjadi dua, yaitu batu andesit bintik dan batu andesit polos.Ciri umumnya hampir sama, perbedaannya hanya pada corak. Batu andesit bintik memiliki corak titik-titik hitam seperti pecahan kaca, sedangkan andesit polos tidak memiliki corak titik-titik hitam.

Batu andesit polos berasal dari daerah Cibereum, Majalengka. Daerah penambangan batu ini berada di perbukitan gugusan Gunung Ciremai, yang sebagian wilayahnya masuk dalam administrasi Cirebon. Memang sepanjang perbukitan Gunung Ciremai menjadi lokasi tambang batu alam terbesar.

Kelebihan Batu Andesit Polos

Jenis batu andesit polos menggantikan ketenaran batu andesit lainnya, seperti andesit polos jotang, andesit buligir, andesit sukamandi, andesit polos cipanca, dan andesit lainnya. Andesit polos Cibereum memiliki kelebihan yang berbeda dari batu andesit jenis lain. Batu andesit polos Cibereum diproses rata mesin setelah dibakar/flamed. Hasil proses tersebut menyebabkan permukaan batu menjadi lebih halus, cerah, dan hasil pembakarannya tampak lebih merata.

Akibat kepopulerannya dan permintaan konsumen yang melebihi stok batu andesit polos Cibereum, suplai batu harus mengantri. Salah satu contoh, pangkalan batu alam di Bali saat ini kebanjiran pesanan batu alam andesit polos. Banyak orang memilih menggunakan batu andesit polos sebagai bahan bangunan karena keindahan tekstur dan prestise yang tinggi.

Setiap batu alam memiliki kelebihan masing-masing. Jika batu alam diaplikasikan sesuai dengan kegunaannya, maka akan memberikan keindahan tersendiri. Umumnya kesan yang ditampilkan batu alam pada bangunan adalah suasana alami. 

Khusus batu andesit polos memiliki kelebihan pada teksturnya yang padat dengan pori-pori kecil, sehingga permukaan batu tidak mudah ditumbuhi lumut atau jamur. Itu sebabnya batu ini sangat tepat jika diaplikasikan pada eksterior rumah atau bangunan lainnya.

Penggunaan Batu Alam Andesit Polos

Konon pada jaman dahulu, terutama pada masa prasejarah batu andesit polos banyak digunakan pada bangunan megalitikum. Bahkan, sebagian perkakas rumah tangga dibuat dari batu andesit. Seiring perkembangan jaman penggunaan batu andesit masih dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Hanya sekarang nilainya menjadi penambah keindahan desain interior dan eksterior rumah.

Jenis batu andesit banyak digunakan pada bangunan yang menggunakan konsep minimalis. Batu andesit banyak diaplikasikan pada dinding, lantai, pagar, dan carport. Para pengusaha properti turut meramaikan penggunaan batu alam andesit polos pada properti mereka untuk meningkatkan harga jual. Itu sebabnya permintaan batu andesit polos semakin meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan, produsen batu alam mulai fokus dengan hanya menyediakan batu andesit.

Beberapa desain interior memanfaatkan batu andesit polos untuk mempercantik ruangan. Apalagi saat ini banyak orang yang suka membuat taman atau kolam ikan mini di dalam rumah. Batu andesit polos merupakan pilihan tepat untuk memperindah taman atau kolam mini tersebut. Keindahan yang ditampilkan batu andesit polos mampu menghadirkan suasana alami dan memberi kesejukan dalam ruangan, karena sifatnya yang juga menyerap panas. Jadi bagi Anda yang ingin menambah kesejukan dalam rumah atau menambah nilai estetika pada hunian Anda, sangat direkomendasikan untuk menggunakan batu alam andesit polos.

Berikut dibawah ini adalah penampakan dari batu alam andesit polos,






0 Response to "Kelebihan Batu Alam Andesit Polos "