Keistimewaan Batu Alam Andesit Bintik Bakar

Batu alam andesit bintik bakar lebih tinggi dibandingkan jenis batu andesit lainnya. Ini dikarenakan keistimewaan yang dimiliki andesit bintik bakar. Jenis ini memiliki tampilan yang lebih menarik daripada andesit lain. Banyak orang yang tertarik menggunakan batu alam andesit bintik bakar sebagai bagian dari desain interior rumah, terutama untuk hunian minimalis. Saat ini tema minimalis memang tengah populer di masyarakat dan sering diaplikasikan pada proyek pembangunan perumahan.

Batu ini tersedia dengan berbagai ukuran dari yang terkecil ukuran 10x10 hingga 60x120. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung dari ketebalan, ukuran, dan tingkat kesulitan proses pemotongan. Tingkat kualitas batu sendiri dilihat dari tingkat presisi dan keseragaman motif, corak, atau warna. 

Penggunaan Batu Andesit Bintik Bakar

Batu alam jenis ini sering digunakan sebagai desain eksterior rumah, terutama untuk pagar, taman, carport, dan kolam. Tampilan batu andesit yang menawan membuat jenis andesit ini menjadi populer. Berikut contoh penggunaan batu andesit bintik bakar untuk rumah minimalis.
Ø Taman kecil
Pada rumah minimalis taman depan rumah biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Maka cukup dengan tempelan batu alam pada dinding taman sudah memberikan keindahan pada taman tersebut. Batu alam andesit bintik bakar bisa menjadi pilihan untuk menambah keindahan arsitektur rumah. Penggunaan batu  ini bisa dikombinasikan dengan batuan lain, seperti granit atau marmer. Tapi jika ingin menggunakan andesit bintik bakar seluruhnya dapat menambah keindahan dengan mengatur pemasangan batu dengan lebih unik, misalnya susun masuk dan keluar.
Ø Pagar
Penggunaan pagar dengan batuan memang terlihat lebih kokoh dan mewah. Anda dapat memilih ukuran andesit bintik bakar yang, agak lebih kecil, seperti ukuran 20x20 atau 20x40. Sebenarnya tidak hanya rumah yang menggunakan jenis batuan ini, tapi juga mall dan gedung perkantoran.
Ø Kolam ikan
Struktur permukaan batu yang kesat dan tahan terhadap lumut menjadi pertimbangan banyak orang untuk menggunakannya sebagai dinding kolam ikan. Pemilik rumah akan lebih mudah membersihkan kolam ikan. Keindahan batu alam andesit juga akan semakin memperindah taman mungil dengan kolam ikan di halaman rumah Anda.
Ø Kamar mandi
Alasan yang hampir sama seperti pada penggunaan batu andesit pada kolam, yaitu permukaan yang kesat dan tahan lumut menjadikan batu andesit bintik bakar menjadi lantai dan dinding kamar mandi. 

Tips Memilih Batu Alam

Meskipun penggunaan batu alam untuk interior rumah sudah umum, Anda perlu mengetahui tips memilih batu alam yang benar. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut,
·       Memperhatikan jenis batu yang dipilih
Adanya perbedaan fungsi pada batu alam, maka ada pengelompokan jenis batu alam, yaitu jenis solid dan non-solid. Jenis solid dapat dipasang pada eleman bangunan, baik eksterior maupun interior. Contoh batu alam jenis solid adalah batu andesit, pacitoroso, dan lain-lain.
Lain halnya dengan jenis batu non-solid yang dimanfaatkan sebagai penunjang elemen bangunan yang tidak terkena sinar matahari, misalnya batu palimanan, batu paras jogja, dan sebagainya.
·       Tentukan konsep tema bangunan
Tema hunian adalah faktor utama pemilihan jenis bahan bangunan yang akan digunakan. Misalnya, Anda ingin membuat rumah minimalis, maka batu alam yang sesuai untuk bangunan rumah adalah jenis batu yang bertekstur polos dan berwarna kalem, seperti batu andesit dan batu templek.
·       Sesuai dengan anggaran 

Batu alam yang semakin solid, maka akan berharga lebih mahal. Jenis batuan dan pola desain pemasangan akan menentukan harga yang harus dibayar. Jadi sebelum memesan batu alam, sebaiknya lakukan survey dan menghitung kembali anggaran yang tersedia. Untuk menyiasati budget terbatas, Anda dapat mengombinasikan jenis batu alam berharga mahal dengan batu alam yang murah. Contohnya batu alam andesit bintik bakar yang berharga mahal dapat disandingkan dengan batu templek yang lebih murah.

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh batu alam andesit bintik bakar dalam beragam bentuk dan aplikasinya,