Keindahan Batu Alam Andesit Basalto

Batu alam andesit basalto merupakan salah satu jenis batu alam yang paling sering digunakan sebagai bahan bangunan. Alasannya karena batu alam ini memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Batuan basalto rata-rata berwarna hijau dan hitam. Ciri-ciri basalto hampir sama dengan jenis batuan andesit lainnya, perbedaannya terdapat pada bintik-bintik putih pada permukaan.

Karakter basalto yang keras menjadikan jenis batu alam ini banyak diaplikasikan sebagai dinding dan lantai. Keunggulan dari batu basalto adalah tahan terhadap lumut, sehingga sering digunakan sebagai bahan interior dan eksterior rumah. Umumnya batu basalto diaplikasikan untuk eksterior kolam renang, tangga rumah, lantai kamar mandi dan dinding rumah.


Aplikasi Batu Alam Basalto

Untuk membangun interior rumah, batu basalto dimanfaatkan pada kamar mandi, terutama sebagai dinding dan lantai. Ini karena karakter basalto yang kesat dan tahan lumut, jadi mudah dibersihkan. Dari segi estetika, tampilan basalto memberikan kesan minimalis pada hunian Anda. Itu sebabnya batu ini sering diaplikasikan di seluruh dinding rumah.

Agar tampilan rumah tampil lebih maksimal, sebaiknya serahkan pemasangan batu pada ahli yang berkompeten. Sebab tidak mudah memasang batu alam dengan rapi dan tampak indah alami pada bangunan rumah.

Selain memberikan kesan minimalis, basalto juga bisa tampak mewah. Apalagi pada basalto warna hitam dengan bintik putih. Keindahannya yang memikat dimanfaatkan sebagai desain interior pada rumah-rumah mewah. Itu sebabnya harga batuan ini cukup tinggi di pasaran.

Batu alam andesit basalto dapat diproses dengan beragam jenis finishing. Beberapa jenis finishing yang dapat diterapkan pada batu ini adalah,

·       Batu alam andesit finishing RTM
·       Batu alam andesit finishing RTA
·       Batu alam andesit finishing bakar (flammed)
·       Batu alam andesit finishing honed
·       Batu alam andesit finishing poles (polished)

Beragam finishing ini disesuaikan dengan kegunaan batu andesit basalto untuk pembangunan tempat tinggal. Jenis finishing juga menentukan jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun suatu desain interior rumah. Jadi sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan Anda untuk membangun rumah idaman.

Harga Batu Alam Basalto

Saat ini banyak penjual batu alam yang juga menawarkan jasa pemasangan. Tentunya ini lebih memudahkan pembeli untuk menghitung biaya pembelian dan pemasangan.

Untuk ukuran batu sendiri tersedia dengan berbagai ukuran, yaitu 10x20, 15x30, 20x20, 20x40, 25x25, 30x30, dan 30x60. Pembeli juga dapat memesan dengan ukuran custome. Masing-masing ukuran memiliki harga yang berbeda.

Harga batu basalto biasanya dihitung dalam satuan permeter persegi. Beberapa faktor yang menentukan harga batu adalah,

ð Jenis batu alam andesit
ð Ukuran batu, seperti tebal, panjang, dan lebar batu
ð Teknologi produksi
ð Jenis finishing
ð Suplier awalnya, apakah langsung dari pabrik atau pedagang perantara
ð Kegunaannya, misalnya batu andesit basalto dipakai untuk dinding taman, lantai, carport, garasi, pagar, juga depan rumah.

Khusus untuk penggunaan andesit basalto sebagai lantai rumah, perlu memastikan pada pihak penjual akan ketersediaan bahan. Sebab biasanya saat membeli batu alam basalto untuk lantai rumah dengan luas lebih dari 50 meter persegi membutuhkan waktu suplai. Jarang ada penjual atau industri yang menyediakan stok sejumlah 50 meter persegi. Jadi jika menginginkan batu ini untuk melengkapi interior rumah, sebaiknya lakukan pemesanan terlebih dahulu, agar waktu pembangunan rumah dapat berjalan tepat waktu. Apalagi batu alam andesit basalto tengah laris di pasaran, maka pesanlah jauh hari kepada pedagang.