Cara Mengolah Tanah Sebelum Menanam

Cara Mengolah Tanah Sebelum Menanam. Diwilayah perkotaan dimana lahan kosong semakin jarang ditemukan,  berbanding lurus dengan tanah subur yang semakin jarang kita jumpai. Tidak mengherankan memang karena begitu suburnya bangunan bertingkat yang tumbuh di wilayah perkotaan yang mengikis secara perlahan lahan - lahan terbuka. Demikian halnya untuk mendapatkan tanah subur untuk bertanam. Dan untuk memperoleh tanah subur salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menggunakan kompos yang banyak dijual di tukang tanaman.

Kompos mempunyai fungsi mengubah struktur tanah dan membantu menyerap udara luar karena kompos mempunyai kandungan/nutrisi. Dengan adanya kompos, tanaman dengan mudah menyerap kandungan dalam tanah karena akar tanaman masuk ketanah dengan mudah.

Jika anda ingin mendapatkan tanah yang subur untuk tanaman di contoh taman rumah sederhana misalnya berikut adalah langkah - langkahnya :

  • Menggemburkan Tanah :
Menggemburkan tanah dapat dilakukan dengan cara mencangkul tanah dengan tujuan mengurai tanah yang terlalu padat. Dan jangan lupa segera tambahkan pupuk kompos agar nutrisi segera diserap tanah sehingga kualitas tanah yang dihasilkan akan optimal.
  •  Pergunakan Bahan-bahan organik
Telah kita ketahui bersama bahwa pupuk buatan mengandung zat kimia yang merugikan kelestarian tanah dan membunuh mikroorganisme yang ada didalamnya. Pergunakanlah pupuk kompos yang bisa kita buat sendiri, misalnya dari rumput liar, daun - daun kering, sisa - sisa makanan maupun sampah basah lainnya. Jika terpaksa menggunakan pupuk buatan, usahakan membeli pupuk yang tebuat dari bahan organik.
  • Mengairi Tanah
Langkah paling akhir dari menyiapkan tanah untuk ditanam adalah melakukan pengairan ke lahan. Air terbaik yang digunakan adalah air hujan yang dapat kita tampung dan kita siramkan ke tanah. Air hujan relatif aman karena jauh dari kandungan bahan - bahan kimia.

Semoga tulisan cara mengolah tanah sebelum menanam ini bermanfaat baik bagi penulis maupun pembaca :)