Tips Merawat Tanaman Pucuk Merah


Jika kita sedang naik kendaraan ditol, dibeberapa titik akan kita jumpai kumpulan tanaman pucuk merah yang tertata rapi menandakan tananman tersebut memang dirawat dengan baik.
 
Tanaman pucuk merah atau dalam bahasa latin di sebut Syzigium Oleina, adalah salah satu jenis tanaman hias yang saat ini sedang populer. Warna yang ditampilkan pada daun-daun muda yang terpangkas rapi yang bermunculan menjadikan salah satu ciri khusus sekaligus menjadi daya pemikat pada tanaman yang satu ini. Dan tidak mengherankan jika tanaman pucuk merah ini banyak diaplikasikan sebagai tanaman pelindung/ pagar atau tanaman hias yang mampu memberikan nilai tambah untuk sebuah desain taman rumah minimalis sederhana.
Untuk mempertahankan keindahan taman minimalis kita dengan adanya tanaman hias pucuk merah ini, kita harus  menaruh perhatian terhadap beberapa hal berkaitan dengan tatacara merawat tanaman ini :
  1. Tanaman hias pucuk merah termasuk tanaman yang sangat menyukai panas/matahari, sehingga kita harus memposisikan tanaman ini ditempat yang menjamin ketersediaan sinar matahari secara langsung.
  2. Kalau kita perhatikan secara seksama, warna merah yang tumbuh pada tanaman pucuk merah ini adalah daun - daun muda, sehingga agar daun - daun ini rajin tumbuh makan lakukanlah pemangkasan daun secara teratur.
  3. Walaupun tanaman hias pucuk merah menyukai terpaan mataari langsung, seperti tumbuhan lain tanaman pucuk merah juga membutuhkan asumsi air yang cukup sehingga kita harus menyirami tanaman ini untuk menghindari kekeringan.
  4. Untuk mempertahankan kesuburan, berikan pupuk secukupnya.
  5. Gunakan suprasit untuk memberantas hama yang sering menyerang tanaman ini. Hama yang sering menyerang biasanya ulat coklat.
 Demikian adalah tulisan singkat tentang bagaimana merawat tanaman pucuk merah. Bagi anda yang senang berkreasi dengan taman dirumah, semoga tulisan ini bermanfaat.