Mengenal Tanaman Bunga Pukul Empat

Tanaman bunga pukul empat adalah bunga yang berasal dari Amerika Selatan dan banyak dibudidayakan dibanyak negara. Tanaman bunga jenis ini berbeda dengan tanaman bunga yan lain dimana bunga jenis ini  mekar saat malam hari menjelang(tepatnya dimulai saat sore hari) sedangkan pada waktu pagi dan siang hari bunga ini menutupkan diri. Unik bukan??..sesuai dengan namanya yang berbeda dengan yang lain.

Perbedaan jenis bunga ini dengan jenis tanaman bunga pada umumnya terletak pada tingkat kepekaan bunga pukul empat terhadap perubahan tingkat suhu dan intensitas cahaya dilingkungannya. Tanaman bunga pukul empat beradaptasi dengan suhu dingin dengan membuka mahkotanya dan ketika berhadapan dengan suhu panas dia akan menutupkan mahkotanya.Disamping memekarkan mahkotnya dimalam hari, bunga ini juga mengeluarkan aroma semerbak wangi mirip - mirip bau manisnya buah lemon.

Penampakan dari tanaman bunga pukul empat ini sangat manis dengan warna - warna yang cerah ceria seperti magenta, pink, orange, putih serta kuning, begitu juga dengan aroma yang dia keluarkan dimalam hari.

Jika anda tertarik dan ingin menaman bunga hisa ini, anda tidak akan menemukan kendala yang berarti karena bunga ini sangat mudah perawatannya.

Klasifikasi Tanaman Bunga Pukul Empat

Berikut adalah klasifikasi tanaman bunga pukul empat :
Kingdom =>Tumbuhan
Subkingdom =>Tumbuhan berpembuluh
Super Divisi => Menghasilkan biji
Divisi =>Tumbuhan berbunga
Kelas =>berkeping dua / dikotil
Sub Kelas => Hamamelidae
Ordo => Caryophyllales
Famili =>Nyctaginaceae
Genus => Mirabilis
Spesies => Mirabilis jalapa L.

Manfaat Tanaman Bunga Pukul Empat

Kita dapat memanfaatkan bagian akar, daun serta buah dari tanaman bunga pukul empat ini untuk pemakaiann bagian luar tubuh. Tanaman ini dapat dimanfaatkan pada beberapa penyakit diantaranya : Radang amandel (tonsilitis),Radang tenggorokan (pharyngitis),Batuk berdarah (hemoptysis),Infeksi saluran air seni (genito-urinary tract infection), Air seni mengandung lemak (chyluria),Batu ginjal, batu empedu,Kencing manis (diabetes millitus),Radang kelenjar prostat (prostatitis),Keputihan (leucorrhoea),Radang sendi yang akut (acute arthritis),Bisul bermata banyak, bisul batu, jerawat (acne vulgaris), eksim (ekzema),Koreng, luka terpukul,Kanker,Tukak lambung, Pembekuan darah serta lain-lain.

Gambar Tanaman Bunga Pukul Empat

Dibawah ini adalah tiga contoh gambar tanaman bunga pukul empat :



Sebagai tanaman hias, kita dapat menambahkan koleksi tanaman ini di taman rumah minimalis kita.
Semoga tulisan ini menambah pengetahuan kita akan tanaman bunga pukul empat serta manfaat yang dipunyai tanaman ini.