Cara Menata Furniture di atas Karpet

Memasang karpet lantai dirumah akan memberikan kesan semangat dan penampakan lantai yang rame. Pada dasarnya karpet lantai mempunyai dua fungsi pokok yaitu :
1. Memberikan tambahan bergelombangnya lantai.
2. Membagi area dirumah.

Permasalahan yang kemudian timbul adalah memadukan furniture dengan lantai yang sudah beralaskan karpet. Untuk menciptakan penampakan yang elegan dirumah anda, penataan karpet dengan furniture seperti kursi haruslah dikreasikan dengan baik dan bijaksana.

Ada tiga cara memadukan karpet lantai dengan kursi yaitu, pertama kaki - kaki kursi menyentuh atau berada diatas karpet secara menyeluruh, kedua tidak ada satupun dari kaki - kaki kursi yang berada didalam lingkungan karpet lantai dan yang ketiga adalah dua kaki kursi bagian depan berada di atas karpet sedangkan kaki - kaki yang lain tidak menyentuh karpet tetapi langsung memduduki lantai.


letak karpet

letak karpet

Komposisi ideal karpet yang dipasang dibawah tempat tidur dan diluarnya adalah 2/3 ada di kolong tempat tidur dan sisanya ada di depan ranjang. Usahakan ukuran karpet cukup ukuran panjang dan lebarnya sehingga kaki kita akan berada diatas karpet ketika akan berangkat dan bangun tidur.

 
letak karpet

Untuk karpet lantai ruang makan yang dipasangkan dengan meja makan, pertimbangkanlah ukuran yang cukup besar sehingga ketika kita akan mendorong kursi kedalam maupun keluar meja makan masih berada di area karpet.

Faktor penting lain yang harus diperhatikan ketika memasang karpet lantai dalam rangka menata desain interior rumah adalah perhatian terhadap pola yang digunakan. Usahakan perpaduan antara furniture dan karpen lantai yang mempunyai desain dan pola yang serupa.

letak karpet

Artikel terkait :