Contoh Gambar Kamar Mandi Dibawah Tangga

Contoh gambar kamar mandi dibawah tangga. Bagi kita yang hidup diperkotaan dengan segala keterbatasan diantaranya ruang dan uang :), membangun sebuah kamar mandi di bawah tangga adalah tindakan yang sah - sah saja karena kita tidak boleh membiarkan setiap sudut dirumah yang sangat terbatas terabaikan begitu saja. Membuat sebuah kamar mandi dibawah tangga untuk rumah berlantai dua misalnya bukanlah sebuah ide buruk. Yang mungkin menjadi permasalah adalah pemasangan cermin, shower dan bak mandi yang memerlukan letak yang cukup tinggi dan cukup lebar. Sedangkan pemasangan sebuah toilet baik itu yang berdesain duduk maupun berdiri tidak akan terlalu menemui masalah yang berarti karena toilet tidak terlalu membutuhkan space yang tinggi dan lebar. Ruang kosong dibawah tangga memang lebih cocok dimanfaatkan sebagai sebuah kamar mandi bukan sebagai ruang tamu atau kamar tidur karena bentuk dan luas ruang yang terbatas. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat sebuah kamar mandi dengan memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga yaitu masalah pencahayaan dalam kamar mandi. Buatlah pencahayaan yang benar dengan memperhatikan letak, ukuran lampu dan modelnya.

Dibawah ini adalah contoh gambar kamar mandi dibawah tangga yang berukuran tidak terlalu besar tetapi dapat memberikan fungsi sebuah kamar mandi secara optimal. Kalau diperhatikan disana ada perlengkapan dan barang - barang keperluan mandi antara lain wastafe dengan cermin bulatnya, sebuah toilet duduk, rak sabun dan shampoo serta gantungan handuk dan tissue.


Contoh gambar kamar mandi dibawah tangga

Membangun sebuah kamar mandi dibawah tangga dengan memanfaatkan ruang kosong dibawah tangga adalah sebuah ide yang efektif dan efisien dibandingkan jika kita membangun ruang kosong tersebut sebagai gudang atau tempat penyimpanan. 

Ide membuat kamar mandi dibawah tangga adalah sebuah tindakan yang brilian terutama bagi rumah yang hanya mempunyai satu kamar mandi. Suasana rutinitas bagi anggota keluarga dipagi hari akan lebih lancar dengan adanya dua buah kamar mandi karena tidak ada antrian dan suara teriakan.

Tetapi karena ruang kosong dibawah tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai kamar mandi tidak terlalu luas, jangan bayangkan memasukkan sebuah bak mandi atau bathup, karena pada kenyataannya hanya sebuah toilet dan wastafel yang bisa masuk. Tetapi lain ceritanya jika ruang kosong itu cukup luas sehingga sebuah desain interior kamar mandi minimalis sederhana dapat direalisasikan. Selanjutnya dibawah ini ada tiga contoh gambar kamar mandi dibawah tangga dengan desain sangat minimalis tetapi tetap mampu memberikan fungsi yang optimal.


Contoh gambar kamar mandi dibawah tangga


Contoh gambar kamar mandi dibawah tangga


Contoh gambar kamar mandi dibawah tangga