Kerajinan Batu Onyx Tulungagung

Sebelum membahas lebih jauh tentang kerajinan batu onyx tulungagung, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu seputar batu onyx(onik). Jenis batu ini adalah bagian dari golongan batu - batuan kuarsa dan dapat dikelompokkan dalam tiga jenis. Yang pertama adalah batu onyx biasa yang bercirikan dengan warna hitam dengan dasar berwarna putih. Yang kedua adalah karneol yang bercirikan warna merah dan mempunyai warna dasar putih. Dan yang terakhir sardonyxx dengan corak merah tua dan berwarna dasar putih.

Ironi Kerajinan Batu Onyx Tulungagung

 

Sebuah ironi terjadi pada kerajinan batu onyx tulungagung, misalnya yang terjadi di kecamatan Campur Darat Tulungagung Jawa timur dimana para pengrajin lebih banyak mengirimkan produksinya ke Eropa dan Amerika dibandingkan memenuhi kebutuhan dalam negeri. Volume pengiriman ke luar negeri menurut seorang pengrajin adalah ada yang rutin dikirimi 3 kontainer dengan system pembayaran 30 persen dimuka. Hal ini disebabkan masyarakat setempat kurang menyukai kerajinan batu onyx khas tulungagung.

Meskipun termasuk bisnis yang menjanjikan, ada beberapa Kendala yang dihadapi para pengusaha kerajinan batu onyx tulungagung. Pertama adalah kendala perijinan usaha dimana beberapa pengrajin belum mempunyai ijin usaha yang mengakibatkan prosespermintaan  dan pengiriman barang dari luar negeri bermasalah baik itu pada proses pengangkutan, kesiapan dokumen pelengkap dan pengapalan barang. Kendala kedua adalah lagi - lagi adanya kerajinan serupa dari china yang mempunyai kualitas lebih bagus dan harga yang lebih miring. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena pengusaha lokal masih menggunakan cara tradisional dalam menghasilkan produk berbeda dengan barang dari china yang banyak melibatkan peralatan yang modern. Disinilah peran pemerintah diharapkan hadir membantu para pengrajin dalam banyak bentuk, bisa modal, jaringan maupun pelatihan -pelatihan.

Kerajinan Batu Onyx Tulungagung : Kap Lampu Hias Onyx

kap lampu hias onyx
Kap lampu hias onyx adalah salah satu bentuk kerajinan batu onyx tulungagung yang mampu exist dari waktu ke waktu dan berjalan cukup lama. Awal mula pembuatan kerajinan batu onyx berupa kap lampu hias onyx ini hadir atas dorongan Pemerintah melalui sebuah program pengenalan teknologi dan training kerajinan. Ukuran dan model dari kap lampu hias onyx beragam dari yang berukuran kecil sampai kap lampu dengan tinggi 2 meter.

Jika anda berkunjung ke pantai Popoh, salah satu objek wisata pantai yang cukup terkenal ditulungagung dan menjadi objek wisata favorit, anda akan menemukan berbagai keranijan batu onyx tulungagung yang salah satunya adalah kerajinan kap lampu hias onyx  yang dapat dijadikan sebagai souvenir. Kerajinan batu onyx tulungagung terdapat di toko - toko sepanjang jalan di kecamatan besuki dan kecamatan campurdarat. Dengan harga lampu hias onyx yang sangat terjangkau, meningkatkan minat para pelancong untuk membeli dan menjadikan oleh - oleh khas kabupaten tulungagung. 

Kerajinan batu onyx tulungagung dalam bentuk lampu hias ini mempunyai beragam nama yang disematkan oleh masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan ukurannya diantaranya lampu jenis oval, lampu jenis bulat, lampu jenis cungkup dan lampu jenis melati serta nama - nama lain yang tidak dapat disebutkan oleh penulis. Kita dapat membawa pulang buah tangan khas tulungagung ini dengan hanya berbekal uang puluhan ribu tetapi jika menginginkan barang dengan ukuran cukup besar kita harus membayar sampai jutaan rupiah. Pembelian juga dapat dilakukan secara online dengan cara memilih melalui gambar - gambar yang telah disediakan maupun dengan memesan dengan desain dan selera sendiri.