Mengenal SENIPOTEG : Seni Potong Tegel Keramik

Senipoteg Keramik. Baru pertama kali mendengar dan membaca istilah Senipoteg Keramik? Definisi senipoteg adalah menyusun dan membentuk potongan – potongan tegel keramik dari bermacam – macam jenis menjadi sebuah karya seni.

 Manfaat Senipoteg Keramik 

Senipoteg adalah keahlian yang berasal dari ciptaan asli masyarakat Indonesia dan bukan sebuah teknik yang dipelajari dari masyarakat luar negeri. Seni ini di perkenalkan oleh Bapak Alexander M yang telah lebih dari 40 tahun berkecimpung didunia perkeramikan. Dengan bantuan alat yang disebut FAF dan perpaduan seni, senipoteg adalah teknik membuat sebuah lukisan dengan bahan dasar keramik baik keramikbaru maupun bekas. Belum banyak pihak yang mengerti dan mau mempelajari senipoteg ini padahal ada beberapa manfaat yang akan dirasakan jika kita mau belajar teknik ini yaitu :
  • Manfaat Bagi pabrik keramik :                                                                                                    Pada praktek keseharian di pabrik keramik, banyak keramik yang tidak memenuhi standar mutu (reject) dan hanya berujung ke tempat sampah. Dengan teknik senipoteg, keramik –keramik tersebut dapat dioleh menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi bahkan lebih mahal dari keuntungun penjualan keramik biasa.
  •  Manfaat bagi para seniman :                                                                                             Terbukanya pintu kreatifitas dalam menghasilkan sebuah karya seni dengan menggunakan bahan baku keramik bekas dan akan membuka jenis karya seni yang lain.
  •  Manfaat Bagi komsumen :
    Konsumen perumahan akan bisa mewujudkan sebuah karya seni didinding rumah mereka dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan sebuah lukisan cat ditembok.
Pertanyaan yang kemudian akan mengemuka dengan kehadiran Senipoteg keramik ini adalah apakah kita siap menyambutnya sebagai sebuah hasil karya asli bangsa Indonesia?

Lukisan Senipoteg Keramik

Sebagaimana sebuah karya  dari sebuah objek berupa seni lukis minyak , lukiran dari keramik juga dapat menggambarkan sebuah objek tertenu semisal lukisan burung dan ikan. Jadi anda dapat membuat sebuah gambar dengan tema tertentu yang akan menghiasi dinding rumah. Tetapi jangan kaget jika karya yang akan dihasilkan berbeda dengan lukisan pada umumnya dikarenakan senipoteg menggunakan bahan dasar keramik dan menghasilkan sebuah karya yang cantik dan unik.

Senipoteg Keramik dan Persainan Dunia Global

Produk dari senipoteg tergolong karya tangan (hand made) dan bukan sebuah hasil dari rekayasa teknology sehingga tidak akan mengalami persaingan yang ketat sebagaimana produk tegel keramik. Lukisan keramik senipoteg mempunyai desain yang berbeda – beda antara produk yang satu dengan yang lain dikarenakan orang dibalik karya itu adalah orang yang berbeda pula.
Senipoteg mempunyai jangkauan pasar yang berbeda dengan tegel keramik biasa sehingga kecil kemungkinan akan terjadinya persaingan yang tidak sehat. Tegel keramik dengan segala macam corak, ukuran dan bentuk yang dimiliki adalah sebuah produk dari sebuah rekayasa teknologi berupa mesin –mesin.
Pesaing senipoteg bukanlah produk dari sebuah teknologi dikarenakan senipoteg adalah pelengkap dari produk pabrik. Karena mempunyai nilai seni dan keunikan tersendiri, produk senipoteg akan mampu bersaing di dunia luar jika ekspor ke manca negara. Dan ini adalah kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk menumbuhkan perekonomian nasional dengan meningkatkan nilai ekspor. 
Di pasar yang semakin tidak mengenal batas seperti sekarang ini, dimana persaingan produk sangat ketat antara barang – barang yang sejenis yang diproduksi secara besar – besaran, kerajinan senipoteg mempunyai pasar yang sangat tertarget dengan kompetisi yang rendah.
Senipoteg Keramik dan Peluang Usaha Kecil

Salah satu dampak positif yang akan kita rasakan dengan senipoteg ini  adalah berkurangnya pengangguran dan dikemudian hari hilangnya pengangguran bangsa Indonesia. Dengan menggunakan alat yang sangat sederhana dan dengan harga yang ditawarkan tidak terlalu besar cita – cita bersama tersebut akan cepat tercapai. Jika anda ingin membuka sebuah usaha dibidang senipoteg ini, syaratnya tidak ribet karena peralatan yang digunakan relatif murah serta kemudahan untuk mendapatkan bahan berupa lempengan batu maupun tegel keramik rumah.

Setiap harinya, seluruh pabrik di Indonesia menghasikan kurang lebih 900 ribu meter persegi tegel keramik dan ini bukannlah jumlah yang kecil. Minimal sebanyak 3 % tegel keramik dikelompokkan dalam kategori produk reject dan ini adalah sumber bahan baku yang dapat digunakan dalam membuat  kerajinan senipoteg. 

Jika dibandingkan dengan kerajinan keramik lainnya, seperti kerajinan dari tanah liat kerajinan senipoteg ini jelas jauh lebih menarik. Kerajinan tanah liat membutuhkan modal yang tidak sedikit serta peralatan yang tergolong mahal seperti tungku pembakaran, jigger, serta ball mill meskipun untuk mendapatkan bahan bakunya relatif mudah dan murah. Dapat disimpulkan bahwa senipotek keramik adalah sebuah peluang usaha yang sangat terbuka dan menjadi sebuah usaha yang menjanjikan.