Mengenal Jenis Keramik dan Pembuatannya



keramik
Ketika kita datang ke toko bangunan disekitar rumah, dengan mudah kita akan menjumpai keramik dengan ragam ukuran, harga dan motifnya yang dipajang di depan toko. Kemudian kita akan dibuat bingung jika kita disuruh memilih mana yang cocok untuk dipasang dirumah kita. Dengan harga yang cenderung murah dan pilihan yang beragam, membuat keramik adalah suatu keharusan jika kita akan membangun sebuah rumah.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang keramik marilah kita definisikan terlebih dahulu apa itu keramik. 

Wikipedia menyatakan bahwa nama keramik diambil dari bahasa yunani yaitu “keramikos” yang mempunyai arti suatu bentuk yang berasal dari tanah liat yang mengalami rangakain proses pembakaran.

Sedangkan dalam Kamus dan ensiklopedia tahun 1950-an mendefinisikan keramik adalah suatu hasil karya seni dan teknologi dalam rangka menghasilkan barang yang berasal dan berbahan baku tanah liat yang dilakukan proses pembakaran seperti berbentuk porselin, genteng, gerabah dan produk lainnya.

 Pada saat ini tanah liat tidak menjadi satu – satunya bahan dasar dalam pembuatan keramik. Bahan baku keramik sekarang ini dapat berupa kaolin, air, ball clay, felspard maupun kwarsa.  

Tipe Keramik

Pada umumnya kita hanya mengenal dan menjumpai 2 macam keramik yang banyak beredar di toko – toko bangunan, yaitu :
    1. Keramik glazed (mempunyai lapisan glezur)

Contoh produk dari jenis ini adalah: Asia Tile, Ikad, Kia, Mulia, Platinum, Roman dan lain sebagainya. Dimasyarakat kita, jenis keramik ini banyak di pasang di dinding maupun lantai rumah. Lapisan glazur menjadi satu dengan bagian badan keramik karena pada saat pembuatannya di proses menggunakan suhu yang sangat tinggi. Ciri dari keramik ini adalah tidak berpori dan bersifat padat,cara membersihkannya relatif gampang, tahan akan api maupun air.

   2. Keramik unglazed (tidak mempunyai lapisan glazur)

Contoh dari produk ini adalah : Impero, Niro, Granito, Ezzenza dan lain sebagainya. Dibandingkan dengan keramik glazed, keramik jenis ini mempunyai kekuatan lebih baik, bercirikan keras dan pada umumnya lebih tebal. Karena mempunyai desain yang beragam, keramik unglazed menunjukkan trend yang menanjak dipasaran. Permukaan dari keramik ini berkilau dan tidak ada perbedaan antara lapisan muka dan belakang karena pada saat awal pembuatan motif dan bahan bahan dicampur langsung sehingga kalau diamati lebih lanjut tidak terlilat adanya lapisan dikarenakan pada saat pembuatan.

Mengukur Tingkat Kerapatan Keramik serta Penyerapan Terhadap Air


Tingkat penyerapan dan kerapatan keramik mempunyai korelasi yang kuat. Kadar kerapatan keramik didapatkan dari pengaturan temperature pada saat proses pembakaran. Dengan kerapatan keramik yang cenderung tinggi,kemampuan keramik menyerap air dari keramik akan semakin kecil.
  • Jenis keramik dengan kemampuan menyerap air lebih dari 7 %  tidak tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim sehingga cocok dipasang diruangan tertutup saja.
  • Jenis keramik dengan kemampuan menyerap air antara 3 – 7 %  walaupun tahan  terhadap perubahan cuaca tetapi hanya cocok untuk ruangan.
  • Jenis keramik dengan kemampuan menyerap air antara 0.5 – 3 % tidak mampu bertahan terhadap hujan dan panas terik matahari dann dapat digunakan di dalam maupun luar ruangan. 
  • Jenis keramik dengan kemampuan menyerap air kurang dari 0.5 % sangant sesuai untuk dipasang di luar karena mempunyai daya tahan yang tinggi baik dari terpaan hujan maupun sengatan panas matahari.

Proses Pembuatan Keramik

Dilapangan, pada umumnya cara produksi dibagi 2, yaitu :
  1. Bicottura : Pada proses ini pembakaran keramik dilakukan 2 kali yaitu pembakaran pada bagian badan keramik dan selanjutnya adalah pembakaran setelah ada lapisan glazur. Proses ini membutuhkan biaya yang lebih mahal tetapi menghasilkan body yang lebih lembek. Cara ini biasanya dipakai pada saat pembuatan keramik untuk dinding.
  2. Monocottura : Pada proses ini pembakaran hanya dilakukan sekali sehinnga biaya produksi yang dibutuhkanpun lebih kecil, lebih cepat dengan kualitas keramik lebih tahan lama dan kuat. Cara ini biasanya dipakai pada saat pembuatan keramik lantai.

Warna Keramik

Penampakan warna keramik hanyalah sebuah warna dari tanah liat yang dijadikan sebagai bahan baju dasar. Jadi adalah salah jika ada orang yang beranggapan body yang berwarna putih lebih kuat dibandingkan yang berwarna merah. Untuk mengukur kualitas sebuah keramik adalah dari kekuatan,kerapatan dan kesempurnaan pada saat prose pembuatan.  

Perbedaaan Warna dan Ukuran

Kualitas produk keramik yang ada tidak selau menghasilkan warna dan ukuran yang sama. Dipasaran Indonesia terkenal adanya istilah KW 1, KW2 dan  KW3 yang menunjukkan tingkat keseragaman ukuran dan warna dari keramik yang dihasilkan. Keberagaman keramik yang dihasilkan dipengaruhi banyak faktor pada saat pembuatan dan proses pembakaran.
Keramik KW 1 : adalah keramik dengan kualitas terbaik yang bercirikan sudut – sudut yang siku dengan selisih ukuran antar keramik < 1 mm. Jika dipasang akan terlihat rapi.
Keramik KW 2 : adalah keramik kualitas nomor dua yang bercirikan sudut keramik yang tidak presisi dengan selisih ukuran antar keramik antara 1 sampai 2 mm.
Keramik KW 3 : adalah keramik nomor tiga yang mempunyai selisih ukuran sampai 3 mm antar keramik.

Lapisan Permukaan Keramik

Keramik dengan lapisan glazur maupun tidak dibagi menjadi beberapa jenis dilihat dari penampakan permukaan yang ada : .
Permukaan Keramik Bertekstur kasar. Walaupun terkena air, keramik jenis ini tidak licin. Keramik jenis ini cocok dipasang di lantai kamar mandi, carport atau ruang terbuka yang sering terkena panas dan hujan.
Permukaan Keramik Cutting edge. Keramik ini dihasilkan dari proses pemotongan setelah proses pembakaran sehingga menghasilkan keramik dengan presisi yang tinggi. Biaya pembuatan untuk jenis keramik ini ralatif lebih tinggi.
 Permukain Keramik yang Mengkilat dan licin. Keramik jenis ini tidak tahan goresan dan cocok untuk dinding dan lantai ruangan.
Permukaan Keramik Doff / Matte. Tahan terhadap goresan, tidak mengkilapdan tidak licin dan sesuai untuk dipasang dirumah dengan desain minimalis.