Macam Macam Batu Alam Untuk Dinding Rumah

Macam Macam Batu Alam Untuk Dinding Rumah
Pada umumnya, perumahan di Indonesia hanya menggunakan dinding berupa acian semen berupa tembok saja. Berbeda dengan model rumah di Amerika maupun di Eropa yang mempunyai dinding yang dilapisi dua yang bertujuan melindungi dari panasnya summer dan dinginnya musim dingin. Penggunaan macam macam batu alam untuk dinding rumah karena batu alam mempunyai fungsi memberikan suasana sejuk pada musim panas sedangkan pada musin dingin akan memberikan suasana yang hangat. Rumah dengan didnding batu alam di Indonesia banyak dijumpai didaerah dataran tinggi yang mempunyai udara yang dingin. Batu alam akan melindungi dinding tembok bagian luar dari terpaan air hujan , sehingga dinding tidak basah.

Dinding - dinding rumah pada masyarakat terdahulu memanfaatkan batu - batu alam yang disusun secara teratur dan rapi. Namun perlu diperhatikan jika tidak dilakukan dengan tingkat kehati - hatian yang tinggi, hal ini akan menyebabkan dinding rumah retak bahkan hancur pada kemudian hari. Pastikan tanah cukup kuat untuk menahan berat batu alam yang digunakan untuk dinding. Sekarang di zaman yang sudah relatif modern, kita jumpai dinding rumah baik yang terbuat dari batu batu maupun batako, ditemtpeli dengan potongan - potongan batu alam. Bermacam - macam batu alam untuk dinding tumah yang dapat dipasang, meskipun demikian fungsi utaman dari penambahan batu tetaplah sama yaitu melindungi dari panas dan dingin.

Fungsi lain dari penggunanaan macam - macam batu alam untuk dinding rumah adalah memberikan kesan yang elegan.Penggunaan batu alam tidak hanya seputar dinding luar, dinding dalam diantaranya kamar mandi dan kamar tamu atau keluarga pun bisa memanfaatkan batu alam. Suasana yang ekslusif serta romantis yang tidak mudah dihadirkan di kamar tidur maupun kamar mandi menjadi hal yang mudah dirasakan dengan hadirnya dinding batu alam di dinding kedua ruangan tersebut. Efek yang berbeda akan hadir dirumah kita dengan ragam jenis dan macam - macam batu alam untuk dinding rumah yang terpasang. Rencanakan dengan sangat matang warna batu dan jenisnya dan kalau perlu bayarlah arsitek atau konsultan ketika akan memanfaatkan batu alam untuk diaplikasikan di dinding rumah.

Ada bermacam - macam batu alam untuk dinding rumah yang bisa kita manfaatkan yang berasal dari berbagai kawasan di wilayah Indonesia. Bagi kebanyakan masyarakat kita, batu alam yang banyak dimanfaatkan adalah batu yang bertekstur kasar seperti batu kapur/limestone yang akan banyak kita temukan di daerah tulung agung jawa timur, daerah gunung kidul Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia. Ciri fisik dari batu kapur adalah berwarna kream dan batu kapur dapat di warnai jika pemilih mempunyai selera lain. Batu lava atau batu yang berasal dari letusan gunung berapi dapat dijadikan alternatif lain sebagai pengganti batu kapur. Selain diaplikasikan didinding rumah, batu lava juga bisa dipasang sebagai lantai taman.

Contoh Macam - Macam Batu Alam Untuk Dinding Rumah

Dibawah ini adalah macam - macam batu alam untuk dinding rumah yang ada di masyarakat dan di aplikasikan baik sebagai lapisan dinding rumah pagar rumah ataupun lantai taman dan lantai garasi. Wilayah Indonesia yang kaya mempunyai kandungan batu alam yang beraneka ragam. Penggunaan batu alam sebagai salah satu bahan yang diaplikasikan untuk lantai maupun dinding adalah solusi alternatif selain penggunaan lantai keramik maupun dinding keramik. 


Batu Alam Andesit Bintik Bakar Cipanca

Batu Alam Andesit Bintik Bakar GH dan Cipanca


Batu Alam Andesit Bintik Bakar GH ( Gunung Haur )


Batu Alam Susun Andesit Sirih Bintik

Batu Alam Susun Andesit Sirih Polos


                                               Batu Alam Susun Sirih GK ( Gunung Kuda )