Kerajinan Marmer Tulung Agung

kabupaten tulung agung
Kabupaten Tulungagung adalah sebuah wilayah tingkat II Jawa Timur yang terletak dibarat daya ibu kota Provinsi Jawa Timur, yaitu Surabaya. Kabupaten yang berdampingan dengan Kabupaten Kediri disebelah utara, dengan Kabupaten Blitar disebelah timur dan dengan kabupaten Trenggalek di sebelah barat ini menjadi salah satu daerah penghasil marmer terbesar di Indonsia. Produk dari  kerajinan marmer tulung agung terdiri dari bermacam - macam mulai dari wastofel sampai kerajinan berupa hiasan.

Berkaitan dengan penamaan Kabupaten Tulungagung, ada dua versi yang dijadikan latar belakang penamaan tetapi yang paling kuat adalah tulung agung berasal dari dua kata yaitu tulung yang mempunyai makna sumber dan agung yang berarti besar. Pada keadaan geografis alam kabupaten ini, kabupaten Tulungagung mempunyai sumber air yang besar. Menurut catatan sejarah yang ada, sebelum dibangunnya Dam Niyama, sebagaian besar wiliyah di tulung agung ini adalah sumber air. 

Dam Niyama adalah nama sebuah trowongan yang dibuat melalui kerja paksa pada masa penjajahan Jepang. Tujuan dari pembangunan trowongan ini adalah membuang air yang berlimpah yang menyebabkan banjir diwilayah Tulungagung di musim hujan ke laut selatan. Pada perjalanan waktu, pembangunan trowongan ini sempat terhenti disebabkan karena Jepang kalah dalam perang dan selanjutnya pada masa kemerdekaan Indonesia pembangunan trowongan di Lanjutkan pemerintah malalui dinas pengairan profinsi Jawa Timur.

Lokasi Kerjinan Marmer Tulung Agung

kerajinan marmer tulung agungDesa Besole di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung adalah salah satu tempat kerajinan marmer tulung agung. Desa Besole sebagai salah satu sentra kerajinan marmer di kabupaten tulung agung diketahui sejak jaman penjajahan Belanda, bukan terbentuk dalam 1 atau 2 tahun terakhir ini. Di kabupaten tulungagung berdasarkan penelitian dari berbagai pihak mempunyai kandungan kekayaan alam berupa kandungan batu marmer dengan kualitas yang baik dalam jumlah yang cukup besar. Selain batu marmer, kandungan lain yang ada adalah batu yang digunakan untuk bangunan.

Kerajinan marmer tulung agung mempunyai dampak positif baik itu dalam mengangkat citra daerah maupun mendorong perkembangan kabupaten tulung agung. Kepopuleran nama tulung agung dan batu marmernya bukan hanya terkenal di Indonesia tetapi mampu bericara di tingkat Internasional. Ketenaran nama tulung agung di negara manca ditandai dengan terus meningkatnya permintaan marmer dari luar negeri dan hal ini menuntut para pengrajin menghasilkan lebih banyak produk marmer baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Salah satu cara memenuhi kebutuhan pasar yang begitu besar, beberapa pengusaha menawarkan produk lain selain marmer, diantaranya onyx, bobos, andesit, granit dan lain sebagainya. 

Keistimewaan Selain Kerajinan Marmer Tulung Agung

pantai sidem
Selain marmer dan kerajinan lain,  kebupaten tulungagung mempunyai keistimewaan lain berupa tempat wisata baik itu berupa wisata alam, wisata budaya dan wisata kuliner. Namun yang sangat disayangkan oleh kita semua terkait wisata budaya dan wisata alam berupa pantai belum terkelola dengan baik maupun pergerakan menuju kearah yang lebih maju dan berkembang. Objek wisata berupa pantai misalnya masih kurang dikelola dengan baik untuk sarana dan prasaranya serta kerbersihannya.

Karena letak geografis Kabupaten Tulungagung yang berbatasan langsung dengan laut selatan, kabupaten ini di anugerahi beberapa pantai yan elok diantaranya pantai klatak, pantai sidem, pantai sine dan pantai popoh. Pantai - pantai ini dapat kita jadikan tujuan wisata alam di kabupaten tulung agung ketika kita berkunjung kesana. Selain itu disekitar gunung wilis terdapat tempat wisata pesanggrahan argo wilis. Tempat lain yang layak kita kunjungi adalah kebun teh penampean, bendungan wonorejo, coban alam dan air terjun lawean.

Tujuan wisata selanjutnya adalah wisata berupa wisata kesenian yang masih terjaga dan terpelihara kelestariannya diantaranya seni jaranan, tiban , kentrung, jedor dan kesenian wayang kulit purwo.

Hal menarik lain dari kabupaten tulung agung selain kerajinan marmer tulung agung adalah wiata jajanan makanan khas tulungagung. Jika berkunjung ke tulungagung jangan lupa memcicipi nasi lodho, punten pecel, sego bantingan, krupuk rambak, jenang sabun dan bagi anda penikmat kopi, jangan lewatkan kenikmatan kopi tulung agung kopi cethe.