Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Jika kita masih termasuk orang yang normal alias berakal sehat pasti akan merasa tidak nyaman jika masuk ke kamar mandi dan sadar bahwa kamar mandi masih dalam keadaan kotor. Untuk itu marilah kita ikuti pembahasan lebih jauh mengenai cara membersihkan keramik kamar mandi berikut ini. Sebagai telah kita ketahui bersama bahwa untuk menutup dinding maupun lantai kamar mandi, keramik adalah bahan material yang sangat terkenal dan populer yang jadi pilihan. Selain dipakai dikamar mandi, keramik juga bisa menghiasi dapur maupun ruang - ruang yang lain. Jika kita ingin tetap melihat dinding maupun lantai keramik dalam keadaan cantik, membersihkan secara teratur lantai dan dinding keramik dari debu dan kotoran adalah hal yang tidak bisa ditunda dan ditawar - tawar lagi.

Ragam Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi 

Lansung saja kita bahas beberapa metode dan cara membersihkan keramik kamar mandi yang dapat kita praktekkan sendiri di rumah :
1. Dengan cara penguapan

Kebanyakan dari kita, pembersih uap atau stem cleaning lebih sering dimanfaatkan untuk membersihkan karpet. Padahal alat yang diciptakan oleh Frank W Ofeldt pada tahun 1927 bisa kita manfaatkan untuk membersihkan bermacam - macam jenis gorden, perhisan dan lantai dan dinding keramik kamar mandi. Walaupun hanya bermodalkan air bersih, alat ini akan menjadi alat pembersih keramik kamar mandi  yang efektif dan efisien. Dengan prinsip kerja air bersuhu dan tekanan tinggi alat ini mampu membersihkan berbagai macam permukaan tanpa menggunakan bahan kimia tambahan yang berbahaya bagi manusia maupun lingkungan.

2. Memanfaatkan cuka makan

Ada belasan bahkan puluhan manfaat yang akan kita peroleh dari pemanfaatan cuka makan, diantaranya melembutkan rambut dan pakain, membersihkan kaca jendela, membersihkan lubang wc, membersihkan perabot rumah tangga, membersihkan keramik dan lantai keramik kamar mandi dan lain sebagainya. Jika ingin membersihkan keramik kamar mandi dengan bahan ini, gunakan cuka makan dengan kadar 70 %  dengan cara mengoleskan bahan ini di permukaan dinding maupun keramik kamar mandi yang berkerak maupun memiliki bercak kotor. Tunggu dan biarkan olesan selama 15 samapi dengan 20 menit. Selanjutnya diteruskan dengan proses menyikat dan membilas keramik dengan air bersih. Agar tangan anda tetap terjaga keamanannya, selalu gunakan alat pengaman berupa sarung karet maupun sejenisnya. Bahan - bahan lain yang dapat dijadikan campuran pembersih dengan cuka makan adalah baking soda dan sabun cair.

3. Menggunakan pasir laut.

Untuk menghiasai akuarium ikan laut selain menggukan karang, ada pasir laut juga banyak dimanfaatkan. Selain sebagai bahan hias akuarium, ada kegunaan lain dari pasir ini, yaitu sebagai bahan pembersih bercak, kerak maupun noda pada dinding keramik maupun lantai keramik kamar mandi. Cara yang dapat lakukan cukup mudah yaitu dengan menaburkan pasir laut basah ke lantai maupun dinding kemudian menyikat permukaan dinding dan lantai dengan menambahkan sedikit tekanan.
Demikian adalah tiga cara membersihkan keramik kamar mandi baik dinding maupun lantai yang dapat kita coba. Dengan perawatan yang baik terhadap keramik kamar mandi maupun keramik dibagian rumah yang lain, maka warna keramik kamar mandi maupun warna keramik rumah minimalis anda akan tetap terjaga keindahannya.